Tali Layang-Layang Mengenai Kabel Sutet, Cimahi Alami Pemadaman Total

- 1 Agustus 2020, 11:35 WIB
ILUSTRASI layang-layang.* /Pixabay//Pixabay

PORTAL JEMBER - Kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh tali layang-layang sudah seringkali terjadi. Penggunaan kawat sebagai tali menjadikan layangan semakin berbahaya.

Yang terbaru, sebuah layang-layang yang menggunakan tali kawat menjadi penyebab terjadinya gangguan listrik di Cimahi, Jawa Barat.

Kejadian pada Kamis, 30 Juli 2020, menimpa Gardu Induk (GI) di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cimahi. Penggunaan tali kawat pada layang-layang sering kali mengakibatkan rusaknya jaringan listrik PLN, yang berdampak pada terjadinya pemadaman listrik pada beberapa wilayah.

Baca Juga: Banyak yang Suka, Waspadai Racun dalam Sisa Nasi Kemarin Jika Penyimpanannya Tidak Tepat

"Kabel sutet itu kena (tali) layangan. sepertinya ditalinya menggunakan benang kawat, jadi satu Cimahi padam total ini," terang Manajer Bagian Jaringan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cimahi, Pilih Kondang Paramarta saat dihubungi, Jumat 31 Juli 2020, seperti dikutip dari Galamedia News.

Kondang menjelaskan, aktivitas bermain layang-layang belakangan ini terbilang mengalami peningkatan, dikarenakan anak-anak saat ini masih menerapkan pola belajar di rumah. Apalagi saat ini memasuki musim kemarau.

Padahal, permainan layang-layang apalagi yang menggunakan tali kawat sangat mengancam jaringan listrik. Bukan hanya jaringan listrik, tapi bisa mengancam jiwa manusia.

Baca Juga: Selangkah lagi, Vaksin Corona Asal Rusia Berpeluang Menjadi yang Pertama di Dunia

"Dampaknya berbahaya. Pertama bagi yang main layang-layang, keduanya mengakibatkan padam," jelas Kondang.

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X