Ini Jumlah Suap yang Diduga Dinikmati Saiful Ilah dan 3 Pejabat Pemkab Sidoarjo

- 4 Juni 2020, 07:49 WIB
erdakwa Bupati nonaktif Sidoarjo Saiful Ilah menjalani sidang dakwaan kasus korupsi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu 3 Juni 2020.* /ANTARA/Umarul Faruq

PORTAL JEMBER – Akhirnya persidangan Bupati Sidoarjo nonaktif Saiful Ilah dalam perkara dugaan suap di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) Sidoarjo senilai Rp 1,4 miliar berlangsung Pengadilan Negeri Tipikor Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu 3 Juni 2020.

Agenda sidang adalah mendengarkan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Arif Suhermanto.

Dalam surat dakwaannya, seperti dikutip dari Antara, JPU menyatakan, terdakwa Saiful Ilah bersama sejumlah aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Sidoarjo menerima suap dari dua pengusaha kontraktor, Ibnu Gofur dan Totok Sumedi.

Baca Juga: Militer China Dikabarkan Masuk ke Indonesia sebagai Pekerja Proyek, Cek Faktanya!

Suap itu untuk memenangkan tender sejumlah proyek infrastruktur di Pemkab Sidoarjo. "Uang tersebut sebagai hadiah dari Ibnu Gofur dan Totok Sumedi atas pemenangan paket-paket pembangunan di Pemkab Sidoarjo tahun anggaran 2019," kata Arif Suhermanto.

Uang suap itu bukan hanya untuk Saiful Illah. Tetapi, juga mengalir kepada tiga ASN di lingkungan Pemkab Sidoarjo yang juga didakwa menerima suap pada kasus yang sama.

Ketiganya adalah Kadis PUBM Sidoarjo Sunarti Setyaningsih, Kabid Bina Marga Dinas PUBM Judi Tetrahastoto, dan Kabag ULP Sanadjihitu Sangadji.

Baca Juga: Bukan Sesak Napas, Inilah Sebab Lain Meninggalnya Geroge Flyod

"Saiful Ilah menerima Rp 550 juta, Suharti menerima Rp 227 juta, Tertahastoto menerima Rp 350 juta, dan Sangadji menerima Rp 330 juta," jelas Arif Suhermanto.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X