Gunung Semeru Masih Luncurkan Awan Panas Guguran 1,5 Km

- 7 Desember 2020, 05:17 WIB
Guguran lava pijar Gunung Semeru terlihat dari Desa Oro Oro Ombo, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Rabu (2/12/2020). Aktivitas vulkanik Gunung Semeru meningkat sejak sepekan terakhir dengan intensitas 13 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur 500 hingga 1.000 meter dari pusat guguran dengan status waspada level II. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/rwa. /Umarul Faruq/ANTARA FOTO

PORTAL JEMBER - Walaupun masih berstatus waspada (level II), aktivitas Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, masih tinggi.

Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, melaporkan melalui BNPB, Minggu 6 Desember pukul 06.00 WIB Gunung Semeru meluncurkan awan panas guguran sejauh 1,5 km.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan, Gunung Semeru juga mengalami beberapa kali letusan.

Baca Juga: Jangan Ikut Mangkir! Penghadang Polisi di Petamburan Bakal Dicari Polda Metro Jaya

"Letusan teramati pertama kali dengan tinggi asap 400 meter dari puncak. Asap terpantau berwarna putih tebal dan condong mengarah ke utara.

"Letusan berikutnya dengan tinggi kolom hingga 500 meter di atas puncak. Asap putih tebal masih condong mengarah ke utara," katanya, seperti dilansir dari Antara.

Guguran awan panas, kata dia, terjadi empat kali dengan jarak luncur hingga 500 meter dari ujung lidah lava ke arah Besuk Kobokan.

Pada Sabtu sekitar pukul 23.36 WIB, Gunung Semeru juga meluncurkan awan panas guguran sejauh 1,5 km ke arah Besuk Kobokan.

Baca Juga: Sempat Mangkir Berkali-Kali, Habib Rizieq Akhirnya Akan Jalani Pemeriksaan Senin 7 Desember 2020

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X