Tuliskan Nama Alat Musik Tradisional Beserta Cara Memainkannya, Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 11

- 23 Juli 2021, 21:00 WIB
Ilustrasi belajar di rumah.
Ilustrasi belajar di rumah. /Unsplash.com/@craftedbygc

PORTAL JEMBER - Salam belajar adik-adik, kali ini kita akan membahas mengenai nama-nama alat musik tradisional lengkap dengan asal daerah dan cara memainkannya yang terdapat pada pertanyaan halaman 11 Tema 1 Kelas 4 SD dan MI dalam buku Indahnya Kebersamaan yakni Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Pada halaman pelajaran sebelumnya, adik-adik sudah belajar tentang beberapa alat musik tradisional. Agar lebih memahami lagi tentang nama-nama alat musik tradisional, adik-adik ditugaskan untuk menuliskan beberapa nama-nama alat musik tradisional lainnya.

Sebagaimana yang dilansir PORTAL JEMBER dari alumnus Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Feti Aryanti, S.Pd, berikut ini adalah beberapa contoh nama-nama alat musik tradisional lengkap dengan asal daerah dan cara memainkannya.

Baca Juga: 5 Ketakutan Cowok dalam Menjalin Hubungan, Jarang Disadari oleh Pasangan

1. Alat Musik: Serune Kale
Daerah Asal: Nanggroe Aceh Darussalam
Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi: Cara memainkannya dengan ditiup dan menggunakan jari untuk mengatur nada yang ada di lubang serune kale.

2. Alat Musik: Aramba
Daerah Asal: Pulau Nias, Sumatera Utara
Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi: Cara memainkannya dengan dipukul menggunakan pemukul seperti stik.

Baca Juga: Kondisi Ibunda Irwansyah Memburuk, Zaskia Sungkar Pasrah: Akhirnya Kita Hanya Nunggu Giliran

3. Alat Musik: Saluang
Daerah Asal: Minangkabau, Sumatera Barat
Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi: Cara memainkannya dengan ditiup dan lubang yang ada di salung digunakan untuk mengatur nada dan jari-jari tangan berfungsi untuk menutup lubangnya.

4. Alat Musik: Gambus
Daerah Asal: Riau
Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi: Cara memainkannya dengan dipetik, bunyi yang dikeluarkan berasal dari dawai atau senar.

Halaman:

Editor: Jati Kuncoro


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X