Pantai di Kulon Progo Dipenuhi Bangkai Ubur-Ubur, Masih Berbahaya untuk Pengunjung

- 5 Juli 2020, 09:17 WIB
Ubur-ubur yang terdampar di pantai Glagah Kulon Progo /Bagus Kurniawan/SAR Linmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Pantai Glagah

PORTAL JEMBER – Dalam sepekan terakhir, bangkai ubur-ubur memenuhi Pantai Glagah di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Bangkai-bangkai itu dari jenis ubur-ubur api atau physalia physalis. Menurut Koordinator SAR Linmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Pantai Glagah Aris Widiatmoko, hewan laut bertekstur kenyal tersebut cukup berbahaya bagi kesehatan manusia bila tersentuh.

Sengatan tentakel ubur-ubur tersebut, kata dia, menimbulkan rasa panas di kulit dan dapat menyebabkan sesak napas, bahkan pingsan.

Baca Juga: Nama-nama Bayi yang Dilarang dalam Islam, Orang Tua Wajib Tahu

"Orang dewasa yang sedang dalam kondisi sehat kemungkinan bisa menahan dampak sengatannya. Tapi kadang yang memiliki riwayat penyakit, terlebih anak-anak biasanya tidak tahan efek sengatan itu," kata Aris, seperti dikutip PORTAL JEMBER dari PortalJogja.Pikiran-Rakyat.com, Minggu 5 Juli 2020.

Sejauh ini belum ada laporan pengunjung yang tersengat ubur-ubur. Meski demikian, ia mengimbau para pengunjung, terutama yang membawa anak-anak, agar selalu diawasi.

Selain dilarang mandi di laut, pengunjung juga diminta mewaspadai munculnya ubur-ubur yang kerap muncul pada bulan-bulan ini di peraiaran laut selatan.

Baca Juga: Zodiak Hari Ini, Sabtu 5 Juli 2020. Majulah Aries dan Taurus, Jangan Khawatir! 

"Jangan dipegang dan upayakan untuk dihindari, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berwisata aman, nyaman dan patuhi himbauan petugas sarlinmas setempat," harap Aris. 

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X