1,6 Juta Calon Penerima BLT Dicoret BPJS Ketenagakerjaan, Ada Apa?

- 12 September 2020, 08:55 WIB
Ilustrasi uang /

PORTAL JEMBER – Proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta masih terus berjalan.

Kabar terbarunya adalah Kementerian Ketenagakerjaan melalui BPJS Ketenagakerjaan sudah mencoret sebanyak 1,6 juta data calon penerima BLT.

Data tersebut batal diajukan sebagai penerima BLT karena mereka mempunyai penghasilan atau gaji sebesar Rp5 juta.

Baca Juga: BLT UMKM Diperpanjang hingga 2021, Ini Cara Cek Penerima Dana Rp2,4 juta

Padahal salah satu syarat penerima BLT adalah pekerja yang mempunyai gaji di bawah Rp5 juta seperti yang ditetapkan pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 14 Tahun 2020.

Namun kenyataannya banyak sekali penerima BLT Rp600 ribu selama 4 bulan tersebut adalah mereka yang memiliki penghasilan di atas Rp5 juta.

Tidak hanya itu, sejatinya ada persyaratan lain yang harus dipenuhi oleh pekerja penerima BLT Ketenagakerjaan seperti : WNI dibuktikan dengan NIK, terdaftar sebagai peserta BPJS aktif sampai dengan bulan Juni 2020, pekerja/buruh penerima upah, mempunyai rekening bank yang aktif, bukan peserta penerima dana program Kartu Prakerja.

Seperti dilansir PORTAL JEMBER dari Instagram @Kemnaker, Ida Fauziyah selaku Menaker menegaskan bahwa pengembalian dana BLT yang sudah cair tersebut akan dilakukan jika penerima tidak memenuhi syarat yang dijelaskan pada Permenaker Nomor 14 Tahun 2020.

Ida Fauziyah meminta kepada pekerja yang sudah menerima BLT untuk mengembalikan bantuan tersebut ke rekening kas negara.

Halaman:

Editor: Boy Nugroho

Sumber: Instagram Kementerian Ketenagakerjaan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X