Dobrak Hegemoni Drama Korea, Film 'Tilik' Tawarkan Tema Keseharian Bernuansa Kearifan Lokal

- 21 Agustus 2020, 22:40 WIB
Bu Tejo film Tilik
Bu Tejo film Tilik /istimewa

 

PORTAL JEMBER - Dalam beberapa hari terakhir, filmTilik’ menjadi trending topic di sejumlah media sosial.

Kemunculannya dengan nuansa yang berbeda, untuk beberapa saat cukup mengalihkan perhatian para pecinta film yang selama ini umumnya didominasi oleh film atau drama Korea.

Kehadiran ‘Tilik’ memang di momen yang tepat. Di tengah pandemi seperti saat ini, menonton film merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat agar tak bosan.

Di tengah lesunya industri perfilman Indonesia, kehadiran film ini seperti menjadi oase. Keunikan lainnya, tema yang diangkat begitu sarat dengan kearifan lokal masyarakat kita sehingga seolah menjadi ‘cermin’ bagi masyarakat.

Ravacana Films bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mempersembahkan sebuah film pendek berjudul Tilik. Tokoh Bu Tejo dalam film ini menjadi sorotan publik karena kemampuannya dalam berakting.

Baca Juga: Doa Segera Dapat Jodoh, Penting Dibaca oleh Para Jomblo

Film yang mengambil latar tempat di Bantul dan Sleman ini diproduksi pada 2018 lalu. Sementara, masyarakat mulai bisa menyaksikan film berdurasi 30 menit ini setelah secara legal diunggah ke YouTube pada 17 Agustus 2020 kemarin. "Tilik" dalam bahasa Jawa memiliki makna "menjenguk"

Sosok Bu Tejo dengan pembawaan jalan cerita yang erat hubungannya dengan kehidupan sosial dan budaya di masyarakat, tentu membuat film ini mampu menarik perhatian masyarakat.

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X