Viral Fenomena Awan Hitam Ombak di Meulaboh, Begini Penjelasan BMKG

- 11 Agustus 2020, 08:25 WIB
Kondisi awan 'ombak' hitam di langit Meulaboh. /Twitter @mawasep/

PORTAL JEMBER - Fenomena awan hitam memanjang seperti ombak yang terjadi di Meulaboh Provinsi Aceh pada Senin, 10 Agustus 2020 viral di media sosial.

Banyak masyarakat yang mengaitkan peristiwa tersebut dengan kemungkinan bakal adanya gempa ataupun tsunami, bahkan ada pula yang menyebutkan berkaitan dengan terjadinya peristiwa mistis.

Menanggapi hal tersebut, Deputi bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Guswanto mengatakan bahwa fenomena awan hitam memanjang yang terjadi di Meulaboh murni akibat dinamika atmosfer.

Baca Juga: Manchester United Gagal Boyong Jadon Sancho ke Old Trafford

"Keberadaan awan ini murni merupakan fenomena pembentukan awan yang terjadi akibat adanya kondisi dinamika atmosfer dan tidak ada kaitannya dengan potensi gempa atau tsunami maupun hal-hal mistis," kata Guswanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, sebagaimana dikutip dari ANTARA.

Secara ilmiah dalam dunia Meteorologi, fenomena awan tersebut dinamakan dengan awan Arcus. Awan arcus merupakan awan yang lazim terjadi meskipun frekuensi kejadiannya jarang, tambah dia.

Awan Arcus memiliki tinggi dasar awan yang rendah, serta formasi pembentukannya horizontal memanjang seolah-olah seperti gelombang. Fitur awan Arcus dapat ditemukan di antara jenis awan Cumulonimbusdan Cumulus.

Baca Juga: Hasil Liga Europa: Manchester United Menang Susah Payah atas Copenhagen

Lebih lanjut dia mengatakan, fenomena awan Arcus terbentuk sebagai hasil dari ketidakstabilan atmosfer disepanjang pertemuan massa udara yang lebih dingin dengan massa udara yang lebih hangat serta lembab sehingga membentuk tipe awan yang memiliki pola pembentukan horizontal memanjang.

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X