Pembuatan vaksin akan Rampung Awal 2021? Ali Gufron: Menemukan Obat Perlu Proses Sangat Panjang

- 8 Agustus 2020, 13:50 WIB
Ilustrasi vaksin* //Pixabay

PORTAL JEMBER - Masa pandemi covid-19 hingga saat ini belum juga berakhir dan justru membuat sektor ekonomi khususnya semakin memburuk.

Bahkan, jumlah kasus covid-19 di beberapa negara masih terus mengalami peningkatan setiap harinya, termasuk Indonesia.

Saat ini, para ahli kesehatan di dunia sebenarnya telah berupaya mempercepat pembuatan vaksin covid-19 agar segera dimanfaatkan sesuai prediksi yakni akan rampung 2021 mendatang.

Baca Juga: Wow Naik! Update Emas Hari Ini, Sabtu 8 Agustus 2020, Harga Terbaru Logam Mulia Antam di Pegadaian

Namun Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN Prof. Ali Gufron Mukti, M.Sc., Ph.D, justru mengatakan sebuah pernyataan yang mengejutkan.

Dia menjelaskan bahwa dalam proses penemuan obat, terutama obat untuk penanganan Covid-19, membutuhkan proses yang panjang dan terdapat beragam prosedur yang harus dilaksanakan.

"Menemukan sebuah obat diperlukan proses yang sangat panjang karena menyangkut keamanan hidup masyarakat. Obat yang salah akan bisa menjadi racun dan berbahaya," ujar Ali dalam dialog di Media Center Satuan Tugas Penanganan COVID-19, seperti dikutip dari siaran pers, Jumat 7 Agustus 2020.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini, Sabtu 8 Agustus 2020, Logam Mulia UBS Pegadaian 1 Gram Rp 1.094.000

Proses menemukan obat juga diawali dengan penelitian yang memiliki berbagai tahapan agar aman untuk diimplikasikan kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: Nila Zulva Rosyida

Sumber: Okezone, Warta Ekonomi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X