Terpaksa jadi ‘Youtuber’ di Tahun Ajaran Baru, Guru dan Dosen: Hidup Atta Halilintar!

- 16 Juli 2020, 21:30 WIB
YouTuber Atta Halilintar. //Instagram/@attahalilintar/- Foto: Instagram @attahalilintar

PORTAL JEMBER - Tahun ajaran baru kali ini sangat beda. Sebagian besar sekolah dan bahkan perguruan tinggi menyelenggarakan sistem pembelajaran jarak jauh atau secara online.

Alhasil, semua oarng harus beradaptasi. Baik anak didik, staf pengajar dan juga orang tua.

Salah satu yang dikeluhkan adalah perihal penguasaan perangkat teknologi komunikasi. Masing-masing pihak jadi harus familiar dengan gadget dan berbagai aplikasi pendukungnya.

Baca Juga: Curhatan Ibu Dampingi Anak Belajar Online di Tahun Ajaran Baru: Anak Daring, Emak Darting!

Khususnya untuk staf pengajar, mereka dituntut untuk bisa menjadi ‘youtuber’. Ini karena sejumlah materi perlu disampaikan dengan tampilan audio visual sehingga diharapkan anak didik akan lebih mudah memahami materi.

Ternyata ini bukan hal yang mudah bagi para guru dan dosen. Mengajar langsung dengan tatap muka dirasa lebih mudah, dan mungkin telah biasa bagi mereka.

Namun mengajar di depan kamera, dengan kata lain seakan menjadi seperti seorang Youtuber, dirasa lebih sulit. Grogi, tiba-tiba materi buyar, dan sebagainya. Sehingga kadang perlu beberapa kali, bahkan hingga belasan dan puluhan take hanya untuk mendapat rekaman yang berdurasi relatif pendek.

Baca Juga: Tak perlu ke Samsat, Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Kini Bisa Online

Begitu susahnya menjadi ‘youtuber’ di tahun ajaran baru ini salah satunya diungkap seorang netizen, Yuli Andriani, di akun Facebooknya, pada hari ini 16 Juli 2020.

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X