Face Shield Semakin Diminati, Tren Fashion Saat Pandemi atau Optimalisasi Alat Pelindung Diri?

- 11 Juli 2020, 21:47 WIB
FACE Shield berkarakter Star Wars dari Bandung.* /PRFM News/

PORTAL JEMBER - Setelah pamor masker sebagai salah satu alat pelindung diri di masa pandemi sedikit memudar, muncul alat pelindung diri (APD) lain yang kini mulai naik daun: face shield atau pelindung wajah.

Hadirnya face shield mestinya menjadi pelengkap dari APD lain yang telah ada yakni masker, sehingga perlindungan diri dari paparan virus corona menjadi lebih optimal.

Sayang, ada sedikit kesalahkaprahan dari penggunaan face shield ini. Banyak yang memakai face shield dengan tanpa memakai masker.

Baca Juga: 3 Baju yang Paling Banyak Dicari Selama Masa Pandemi

Terkait dengan penggunaan face shield yang semakin marak akhir-akhir ini, Juru Bicara Pemerintah untuk Percepatan Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, turut menanggapi fenomena tersebut.

Yuri mengatakan penggunaan masker lebih penting dibandingkan hanya menggunakan pelindung wajah.

"Kami mengibaratkan menggunakan pelindung wajah tanpa masker ibarat orang yang hanya menggunakan payung, yang hanya bisa melindungi tetesan air dari atas tapi tidak dari samping," ujar Yurianto dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Jakarta, Sabtu, 11 Juli 2020.

Baca Juga: Ilmuwan Ungkap Pakai Masker Ternyata Bisa Cegah Penularan Covid-19 Hingga 65 Persen

Dia menambahkan masker harus tetap digunakan. Hal itu ibarat menggunakan jas hujan yang penuh yang bisa melindungi tetesan air dari atas dan samping bisa dihindari.

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X