Virus Corona Belum Selesai, Ahli Waspadi Munculnya Virus Flu Babi Bisa Menular ke Manusia

- 2 Juli 2020, 16:06 WIB
FOTO ilusttrasi pembersihan kandang untuk mencegah flu babi.*/ANTARA /

PORTAL JEMBER – Pandemi virus corona belum selesai. Berbagai negara di dunia masih sibuk untuk mengendalikan pandemi ini agar tidak semakin tinggi mortalitasnya (tingkat kematian).

Tetapi, para ahli kesehatan di dunia sekarang mewaspadai munculnya virus G4 EA H1N1 atau disingkat virus G4. Virus ini dikenal pula menjadi sebab flu babi.

Para ahli menilai, flu babi sangat berpotensi menjadi pandemi seperti halnya virus corona. Sebab, virus G4 memiliki target yang mirip corona.

Baca Juga: Akhirnya Terjawab! Ini Kata Jimin Alasan V BTS Jadi Jarang Bicara dan Keluar Bertemu Member Lain

Ia bisa tumbuh dan berkembang pada sel-sel di dalam saluran pernapasan manusia. Pemerintah RI melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga mulai mewaspadai virus G4 ini.

Seperti dikutip PORTAL JEMBER dari PMJ News, saat ini Kemenkes terus melakukan surveilans untuk mewaspadai tersebarnya flu babi.

“Surveilans kita masih jalan untuk memantau kemungkinan mengenai hal itu. Untuk mendeteksi kemungkinan kasus pada orang atau petugas, pekerja yang bekerja di peternakan (peternakan babi),” terang Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Kamis 2 Juni 2020.

Baca Juga: Makam Dicat Penuh Warna, MUI Padang: Menyalahi Sunnah dan Membuat Budaya Baru yang Tidak Baik

Karena terkait dengan peternakan babi, ia mengatakan, sebenarnya hal ini juga menjadi ranah Kementerian Pertanian (Kementan).

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Sumber: PMJ News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X