Hari Bhayangkara 1 Juli 2020, Inilah Sejarah Lahirnya Polri dan Perjalanannya dari Masa ke Masa

- 1 Juli 2020, 13:07 WIB
Kapolri Jenderal Pol. Idham Aziz dalam acara ziarah ke TMPN Kalibata, Jakarta, Senin 29 Juni 2020, dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74.* /ANTARA/Galih Pradipta/wsj

PORTAL JEMBER – Tanggal 1 Juli diperingkati sebagai Hari Bhayangkara. Ini adalah hari menandai lahirnya Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Tahun 2020 ini adalah HUT ke-74 Bhayangkara. Sebagai lembaga yang bertugas menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat, peran Polri sangat besar dalam perjalanan bangsa Indonesia.

Bahkan, sejak di awal kemerdekaan Republik Indonesia. Seperti dikuti PORTAL JEMBER dari PMJ News, penetapan Hari Bhayangkara ditandai dengan terbitnya sebuah Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 1946 pada tanggal 1 Juli 1946 silam.

Baca Juga: Akhirnya Terjawab! Ini Kata Jimin Alasan V BTS Jadi Jarang Bicara dan Keluar Bertemu Member Lain

Dari peristiwa terbentuknya Polri, diawali dari Inspektur Kelas I (Letnan Satu) Polisi Mochammad Jassin, Komandan Polisi di Surabaya, pada 21 Agustus 1945 memproklamasikan Pasukan Polisi Republik Indonesia.

Selain mengadakan pembersihan dan pelucutan senjata terhadap tentara Jepang yang kalah perang, pembentukan Pasukan Polisi RI juga untuk membangkitkan semangat moral dan patriotik seluruh rakyat dan satuan-satuan bersenjata yang sedang dilanda depresi dan kekalahan perang yang panjang.

Sebelumnya pada 19 Agustus 1945 dibentuk Badan Kepolisian Negara (BKN) oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Pada 29 September 1945, Presiden Soekarno melantik R.S. Soekanto Tjokrodiatmodjo menjadi Kepala Kepolisian Negara (KKN) yang pertama.

Awal Mula Nama Bhayangkara

Menelisik dalam jejak sejarahnya, nama Bhayangkara sendiri merupakan istilah yang digunakan Patih Gadjah Mada dari Majapahit untuk menamai pasukan keamanan super elite yang ditugaskan menjaga raja dan Kerajaan Mataram pada abad ke-14.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Sumber: PMJ News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X