Asal Usul Lagu Yamko Rambe Yamko Dipertanyakan, Orang Papua Sendiri Tak Tahu Artinya Apa

- 28 Juni 2020, 20:06 WIB
Ilustrasi suku Papua //Pixabay

PORTAL JEMBER – Informasi mengenai asal-usul lagu daerah berjudul Yamko Rambe Yamko baru-baru ini menjadi pebincangan hangat warganet di media sosial.

Pasalnya, lagu Yamko Rambe Yamko yang sedari dulu telah dikenal berasal dari Provinsi Papua justru sekarang dipertanyakan.

 

Bahkan, masyarakat Papua sendiri tidak tahu tentang suku asal lagu Yamko Rambe Yamko, penjelasan itu disebutkan dalam Akun Twitter @PapuaItuKita.

Baca Juga: Benarkah V Member BTS yang Paling Populer di Google? Berikut Daftar Urutan Lengkapnya

Hal tersebut semakin diperkuat dengan ungkapan tokoh ternama asal Papua, Simon Patric Morin yang menyatakan bahwa lagu yang sudah lama dilabeli pemerintah sebagai lagu asal Papua itu faktanya tidak ada bukti bahwa lagu Yamko Rambe Yamko berasal dari Papua.

Komedian Satriaddin Maharinga Djongki alias Arie Kriting yang berasal dari wilayah Buton, Sulawesi Tenggara mengungkapkan rekan-rekannya yang terlibat dalam riset mengenai asal-usul lagu Yamko Rambe Yamko tidak menemukan literatur apa pun yang membuktikan lagu daerah tersebut berasal dari Papua.

Baca Juga: Lirik Lagu Maafkan Aku Terlanjur Mencinta Lydora, Tiara Andini, dan Ziva Magnolya Lengkap

“Saya menemukan fakta menarik bahwa orang-orang di Papua juga tidak tahu itu artinya apa dan tidak ada yang tahu itu bahasa apa. Tidak ada suku yang mengakui sampai sejauh ini lagu Yamko Rambe Yamko itu lagu dari daerah mereka,” tutur Arie Kriting melalui Instagram @arie_kriting.

Halaman:

Editor: Nila Zulva Rosyida

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X