Usia 50 Tahun Keatas Dilarang ke Mall dan Pasar saat New Normal, Simak Faktanya!

- 31 Mei 2020, 15:04 WIB
ILUSTRASI Pembatasan pengunjung mall di Kota Probolinggo. //Pemkot Probolinggo

PORTAL JEMBER - Dalam beberapa hari terakhir beredar pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp (WA) dan media sosial bahwa orang usia 50 tahun keatas dilarang masuk mall dan pasar.

Selain itu, kelompok usia ini juga dilarang makan di restoran atau kafe, dilarang ke gym atau stadion, menghindari keramaian dan kerumunan, serta tetap menjaga jarak fisik 1 meter.

Dari penelusuran PORTAL JEMBER di laman Cek Fakta ditemukan, narasi pesan tersebut tidak tepat konteks (false context).

Baca Juga: Buat Cewek, Cara Membalas Mantan Secara Elegan Supaya Menyesal

Laman tersebut mengutip Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat menyatakan, narasi tersebut tidak benar.

Ellen menjelaskan, protokol kesehatan akan diterapkan di setiap mall. Ia juga menegaskan bahwa tidak ada batasan usia untuk pengunjung pusat perbelanjaan atau mall.

Ia menepis adanya isu yang muncul perihal batasan usia untuk pengunjung mal ataupun kafe. “Asosiasi pengelola mall tidak pernah berencana melakukan pembatasan usia pengunjung ataupun tidak pernah berencana melakukan diskriminasi usia bagi pengunjung,” jelas Ellen.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Kampung Enak Melintir ala Dapur Izma, Wajib Dicoba!

CEO Emporium Pluit Mal itu menambahkan, sejumlah protokol kesehatan covid-19 memang akan diterapkan, baik untuk pengunjung maupun karyawan mall. Seperti dengan pengecekan suhu tubuh di seluruh pintu masuk mal dan mewajibkan karyawan serta pengunjung menggunakan masker.

“Semua karyawan dan tenant memakai bahan pelindung tubuh yang wajar sesuai dengan karakteristik jenis industrinya,” tutur Ellen.

Sementara itu, laman Cek Fakta juga mengutip pemberitaan detik.com yang berjudul “Ada Aturan New Normal Usia 50 Tahun ke Atas Dilarang Kerja Shift 3”.

Baca Juga: Sebulan Lebih Jalani PSBB, Surabaya Raya Masih Jawara Pasien Tertinggi Covid-19

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X