Peneliti Temukan Gurita Hidup di Kedalaman 7.000 Meter di Palung Jawa, Indonesia

- 31 Mei 2020, 12:33 WIB
Ilustrasi penemuan Gurita di kedalaman 7.000 meter di bawah permukaan laut oleh peneliti.* //Pixabay

PORTAL JEMBER - Baru-baru ini, peneliti telah menemukan Gurita yang hidup di kedalaman 7.000 meter di bawah laut Palung Jawa, Indonesia.

Penemuan tersebut didapat dari rekaman kamera film yang dianggap penemuan Gurita yang hidup di posisi laut terdalam yang pernah difilmkan.

Gambar gurita  tersebut ditangkap menggunakan sistem mesin pendarat yang di dalamnya berisi kamera yang dilepaskan dari kapal dan tenggelam ke dasar laut.

Baca Juga: Realme X3 SuperZoom Hadirkan Kamera Canggih, Memanjakan Pecinta Fotografi Smartphone

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari KTLA5, para peneliti percaya, binatang ini kemungkinan merupakan spesies baru Grimpoteuthis atau 'gurita Dumbo,' genus dari payung gurita laut dalam yang diberi nama dari siripnya yang menyerupai telinga gajah seperti di kartun Disney.

Menghabiskan waktu satu setengah tahun, para peneliti telah mengunjungi tempat-tempat terdalam di seluruh dunia sebagai bagian dari Five Deeps Expedition (Ekspedisi 5 Terdalam).

Ekolog laut, Alan Jamieson, pemimpin tim penelitian ini mengatakan setelah menyelesaikan lebih dari 100 penyelaman, timnya memiliki gagasan tentang jenis-jenis satwa liar, termasuk ikan dan krustasea yang mereka amati di dasar laut.

Baca Juga: Sebulan Lebih Jalani PSBB, Surabaya Raya Masih Jawara Pasien Tertinggi Covid-19

Tetapi mereka terkejut ketika melihat gurita di Palung Jawa ini.

Halaman:

Editor: Nila Zulva Rosyida

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X