Pemerintah akan Sahkan 8 Provinsi Baru Ini karena telah Penuhi Persyaratan

- 8 April 2021, 17:45 WIB
Ilustrasi peta Indonesia. /ui.ac.id

PORTAL JEMBER – Negara Indonesia saat ini memiliki sebanyak 34 provinsi yang tersebar dari wilayah Sabang sampai Merauke.

Namun, jumlah provinsi ini diperkirakan akan mengalami penambahan lantaran telah ada sekitar 30 usulan DOB khusus provinsi.

Pada 2013, pemerintah telah meloloskan delapan calon provinsi dari 30 usulan yang menjadi prioritas untuk dikaji dan diangkat menjadi provinsi baru.

Baca Juga: Akhirnya Arya Saloka, Amanda Manopo, Glenca Chysara, dan Evan Sanders Satu Frame, Netizen: Kan Enak Liatnya

Namun, pembentukan provinsi baru belum dapat dilaksanakan lantaran adanya kebijakan moratorium dari pemerintah.

Kebijakan ini diketahui mulai diberlakukan sejak 2009 lalu. Monotarium merupakan penundaan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) atau lebih jelasnya penundaan pemekaran kabupaten, kota, dan provinsi baru.

Terdapat beberapa syarat khusus suatu daerah dapat menjadi provinsi baru, salah satu yakni minimal memiliki lima kabupaten atau kota.

Baca Juga: 14 Kunci Hidup Bahagia dan Sukses, Diantaranya Jangan Pernah Membohongi Orang yang Mempercayaimu

Sebagaimana diberitakan Galamedianews pada artikel "8 Provinsi Baru di Indonesia Tak Lama Lagi Akan Disahkan Oleh Pemerintah", sementara itu, daerah mana saja yang akan menjadi delapan provinsi baru? Simak daftarnya seperti dikutip dari Youtube Angka dan Data Channel berikut.

Halaman:

Editor: Nila Zulva Rosyida

Sumber: Galamedianews


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X