Fiersa Besari Bahas Royalti Musisi, Netizen: Misal Nyumbang Suara di Kafe atau Kawinan, Turun Langsung Borgol

- 7 April 2021, 16:26 WIB
Fiersa Besari /Ig @fiersabesari

PORTAL JEMBER - Pemerintah memberikan jaminan berupa sebuah peraturan yang menjamin royalti atau hak cipta karya musisi.

Presiden Joko Widodo telah menandatangani peraturan tersebut pada 30 Maret 2021 lalu. Berdasarkan informasi dari JDIH Setkab, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia yang mengatur royalti lagu dan karya musisi tertera pada PP Nomor 56 Tahun 2021.

PP Nomor 56 Tahun 2021 berisi tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan atau Musik. Sehingga, dengan aturan tersebut, masing-masing orang bisa menggunakan musik dan atau lagu dengan membayar royalti.

Baca Juga: Peringatkan Yahya Waloni Sebut Firman Tuhan Kristen Palsu, Muannas Alaidid: Sampai Kapan Dibiarkan?

Baca Juga: 6 Daftar Minuman yang Dapat Membersihkan Ginjal, Salah Satunya adalah Jus Wortel

Tentunya, royalti tersebut dibayarkan ke pencipta lagu dan atau musik, pemegang hak cipta dan atau pemilik hak-hak terkait melalui Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

Sebagai salah seorang yang berperan aktif di dunia hiburan dan juga musisi, Fiersa Besari turut berkomentar mengenai keputusan PP yang sudah diteken pemerintah, seperti dilansir PORTAL JEMBER dari unggahan Twitter pribadi Fiersa Besari, @FiersaBesari.

"Pemerintah mengeluarkan peraturan untuk kesejahteraan seniman. Masyarakat umum, pemilik cafe dan restoran kecil, kaget/takut karena harus ada pengeluaran ekstra", tulis Fiersa Besari.

Menurut Fiersa Besari, hal yang menjadi ketentuan tersebut tidak ada yang salah. Sebab, para musikus juga sedang memperjuangkan haknya masing-masing.

Halaman:

Editor: Anisa Maharani

Sumber: Twitter Fiersa Besari


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X