Resmi, Ini Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021 Setelah Adanya Pemangkasan Cuti Bersama

- 23 Februari 2021, 12:10 WIB
Ilustrasi tanggal libur dan cuti bersama. /Pexels.com/Olya Kobruseva

PORTAL JEMBER - Kurva peningkatan Covid-19 di Indonesia belum menghasilkan signifkan meskipun berbagai macam upaya sudah dilakukan. Hal tersebut membuat pemerintah harus kembali memangkas cuti bersama agar kasus Covid-19 bisa segera ditekan.

Sebagaimana yang sudah diketahui jika setelah libur panjang, peningkatan Covid-19 akan mengalami peningkatan. Hal tersebut dikarenakan mobilitas masyarakat cenderung naik. Alasan tersebut disampaikan langsung oleh Menko PMK yakni Muhadjir Effendy dalam Rapat Koordinasi di Kantor Kemenko PMK, yang diselenggarakan pada Senin, 22 Februari 2021.

Maka dari itu, mau tidak mau pemerintah harus memangkas cuti bersama agar kurva Covid-19 di Indonesia bisa segera melandai. Sebagaimana yang dilansir PORTAL JEMBER dari situs Setkab.go.id, Pemerintah sendiri telah menyepakati dan menetapkan persubahan cuti bersama Tahun 2021.

Baca Juga: 15 Kebiasaan Buruk yang Buat Orang Susah Kaya, Salah Satunya Hidup dengan Banyak Cicilan

Kesepakatan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama (Menag), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Nomor 281 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Menag, Menaker, Menteri PANRB Nomor 642 Tahun 2020, Nomor 4 Tahun 2020, Nomor 4 tahun 2020 Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021.

“Dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) sebelumnya terdapat 7 hari cuti bersama. Setelah dilakukan peninjauan kembali SKB, maka cuti bersama dikurangi dari semula 7 hari menjadi hanya tinggal 2 hari saja” ujar Muhadjir dalam Rapat Koordinasi di Kantor Kemenko PMK.

Adapun cuti bersama tahun 2021 yang dipangkas sebanyak 5 hari, yakni 12 Maret: Cuti Bersama dalam rangka Isra Mikraj Nabi Muhammad saw., 17, 18, 19 Mei: Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, dan 27 Desember: Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Natal 2021.

Baca Juga: BMKG Prediksi Hujan Lebat Akan Terjadi di Lima Provinsi Ini, Siaga Banjir 22-23 Februari 2021

Hal itu diputuskan dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Peninjauan SKB Cuti Bersama Tahun 2021 yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, dan dihadiri oleh Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo, Menaker Ida Fauziyah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretariat Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama Nizar Ali, Sekjen Kementerian Tenaga Kerja, Asops Kapolri, dan Pejabat Eselon 1 Kementerian/Lembaga (K/L) terkait.

Halaman:

Editor: Boy Nugroho

Sumber: setkab


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X