Shalat Sunnah Rawatib Qobliyah dan Ba'diyah, Waktu Pelaksanaan dan Jumlah Rakaat

- 12 September 2020, 14:07 WIB
Ilustrasi shalat /pixabay/rudolf_langer

PORTAL JEMBER - Shalat sunnah rawatib merupakan salah satu ibadah sunnah yang mengiringi shalat wajib.

Menurut hadist yang disampaikan Ummu Habibah RA, Rasulullah mengatakan bahwa seorang muslim yang menjalankan shalat rawatib 12 rakaat, akan dibangunkan rumah di surga.

"Barangsiapa yang sholat dua belas rakaat pada siang dan malam, maka akan dibangunkan baginya rumah di surga." (HR. Muslim no. 728)

Sementara itu, 12 rakaat yang dimaksud dalam hadist diatas juga diperjelas oleh hadist uang diriwayatkan At-Tarmidzi dan An-Nasa'i.

Baca Juga: Inilah 4 BLT dan Bansos yang Lanjut hingga Tahun 2021, Ada BLT BPJS hingga Kartu Prakerja

"Barangsiapa yang tidak meninggalkan dua belas (12) rakaat pada shalat sunnah rawatib, maka Allah akan bangunkan baginya rumah di surga, (yaitu): empat rakaat sebelum dzuhur, dan dua rakaat sesudahnya, dan dua rakaat sesudah maghrib, dan dua rakaat sesudah ‘isya, dan dua rakaat sebelum subuh."

Dari hadist tersebut diketahui bahwa shalat sunnah rawatib dibagi menjadi 2, yakni dilakukan sebelum dan sesudah shalat wajib.

Shalat rawatib yang dilakukan sebelum menjalankan shalat wajib disebut dengan qobliyah. Sedangkan yang dikerjakan setelah shalat wajib disebut ba'diyah.

Agar lebih jelas, berikut pembagian shalat sunnah rawatib qobliyah dan ba'diyah.

Halaman:

Editor: Boy Nugroho

Sumber: Rumaysho


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X