Shalat Sunnah Ini Berhadiah Rumah di Surga, Cukup Tunaikan 12 Rakaat Saja Setiap Harinya

- 13 Agustus 2020, 20:35 WIB
Ilustrasi siap-siap menjalankan sholat berjamaah. /- Foto: Seputartangsel.com/Sugih Hartanto

PORTAL JEMBER - Siapa yang tak ingin memiliki rumah di kampung akhirat bernama surga? Tempat di mana kita akan kembali dan abadi di sana.

Ada banyak jalan untuk memiliki rumah di surga. Salah satunya melalui amalan sholat sunnah yang satu ini, yakni sholat rawatib.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah shallahu ‘alaihi wassallam bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan shalat 12 rakaat (shalat Sunnah Rawatib) sehari semalam, akan dibangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Muslim No.728).

Shalat Rawatib adalah shalat sunnah yang dikerjakan sebelum dan sesudah shalat fardu (shalat lima waktu). Shalat sunnah rawatib yang dikerjakan sebelum shalat fardu disebut dengan shalat sunnah Qobliyah. Sedangkan shalat sunnah Rawatib yang dikerjakan setelah shalat fardhu disebut dengan shalat sunnah Ba'diyah.

Adapun mengenai penjelasan tentang jumlah rakaat shalat sunnah Rawatib disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh At-Tarmidzi dan An-Nasa’I berikut ini:

Baca Juga: Dunia Tercengang: Dinilai Meragukan, Indonesia Ternyata Mampu Uji Vaksin Corona Tahap 3

Dari Aisyah radiyallahu‘anha, ia berkata: Rasulullah shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang tidak meninggalkan dua belas (12) rakaat pada shalat sunnah rawatib, maka Allah akan bangunkan baginya rumah di surga, (yaitu): empat rakaat sebelum zuhur, dan dua rakaat sesudahnya, dan dua rakaat sesudah maghrib, dan dua rakaat sesudah isya, dan dua rakaat sebelum subuh.” (HR. At-Tarmidzi no. 414, An-Nasa’i no. 1794)

Dengan demikian, shalat Sunnah Rawatib terbagi dua, yakni shalat sunnah rawatib mu'akkad atau sangat dianjurkan untuk dilaksanakan dan shalat sunnah rawatib ghoiru mu'akkad yakni jenis shalat sunnah rawatib yang tidak begitu ditekankan

Shalat sunnah rawatib mu'akkad ada 12 rakaat, yaitu:

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X