Mudah Masuk Surga Namun Perempuan adalah Mayoritas Penghuni Neraka, 4 Kategori Ini Contohnya

- 8 Agustus 2020, 10:20 WIB
Ilustrasi wanita. /

PORTAL JEMBER - Bagi wanita shalihah yang taat pada suami dan rajin melakukan ibadah ketaatan, akan dipersilakan baginya untuk masuk surga dari pintu mana saja yang ia suka.

Seperti dijelaskan dalam hadist berikut:

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Baca Juga: Bacaan Sayyidul Istighfar, Makna dan Keutamaannya

Ya, perempuan memang memiliki potensi untuk mudah masuk surga. Namun dalam hadits lain yang diriwayatkan Imam Bukhari, Muslim dan Tirmidzi diceritakan bahwa penghuni neraka terbanyak adalah dari golongan perempuan.

Dan di antara perempuan yang menghuni neraka, ada empat kategori perempuan penghuni neraka sebagaimana disebutkan dalam hadits yang kutip oleh Syekh Zainudin bin Abdul Aziz dalam kitab Irsyadul Ibad Ila Sabili Ar-Rosyad (h-89) berikut ini.

"Dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda sesungguhnya empat perempuan yang menjadi penghuni neraka (yaitu) perempuan yang mengumbar kejelekan suaminya ketika suaminya tidak ada, dan ketika di depan suaminya ia menyakiti dengan ucapannya, dan perempuan yang menyuruh suaminya untuk melakukan sesuatu yang dia (suaminya) tidak mampu mengerjakannya, dan perempuan yang keluar yang tidak menutup auratnya dari laki-laki lain dan ia bersolek dan mengenakan pakaian yang paling paling megah, dan perempauan yang hanya makan, minum dan tidur tanpa adanya keinginan untuk salat, taat kepada Allah dan rasulNya dan taat kepada suaminya."

Baca Juga: Wafat Hari Jumat Bisa Jadi Tanda Husnul Khotimah, Berikut 8 Keistimewaan Lain Hari Jumat bagi Muslim

Hadis tersebut menjelaskan bahwa ada empat perempuan (istri) yang menjadi penghuni neraka:

Pertama, perempuan yang suka mengumbar kejelakan suaminya di belakangnya, dan menyinggung perasaan suaminya dengan kata-kata yang tidak pantas.

Kedua, perempuan yang suka menyuruh suaminya di luar kemampuan suaminya.

Ketiga, perempuan yang tidak menutupi auratnya dari pandangan laki-laki lain dan keluar rumah dengan bersolek dan memakai pakaian yang mengundang syahwat para laki-laki.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Galamedianews.com dengan judul "Rasulullah Ungkap Empat Jenis Perempuan Penghuni Neraka".

Keempat, perempuan yang hanya ingin bersenang-senang saja tanpa ada keinginan untuk beribadah, taat kepada Allah dan rasulnya, dan taat kepada suaminya.

Wallahu a'lam.***(Dicky Aditya/Galamedia)

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X