Wafat Hari Jumat Bisa Jadi Tanda Husnul Khotimah, Berikut 8 Keistimewaan Lain Hari Jumat bagi Muslim

- 7 Agustus 2020, 12:15 WIB
Ilustrasi matahari. /Pixabay/FelixMittermeier/

PORTAL JEMBER - Hari Jumat adalah hari yang sangat istimewa bagi umat muslim. Ada banyak keutamaan hari Jumat yang diulas dalam sejumlah hadist. Beberapa sunnah juga sangat utama untuk dilakukan pada hari ini.

Begitu istimewanya hari ini, beberapa orang bahkan sampai menjadikan hari Jumat sebagai hari libur dari berbagai aktivitas dan kegiatan agar bisa lebih totalitas dalam menjalankan sejumlah sunnah pada hari Jumat.

Apa saja keutamaan hari Jumat? Dari berbagai sumber, Portal Jember merangkumnya untuk Anda.

1. Hari Jumat adalah hari terbaik. Tentang hal ini, Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Hari terbaik di mana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.”

Baca Juga: 10 Hewan Istimewa Ini Dijamin Masuk Surga, Salah satunya Kambing yang Menggantikan Nabi Ismail

2. Jumat adalah hari yang utama di dunia. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah SAW berkata, “Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya,” (HR. Muslim). Allahu A’lam.

3. Hari Jumat memiliki waktu yang mustajab untuk berdoa. Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda: “ Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu,” (HR. Muttafaqu Alaih).

4. Jumat adalah hari tatkala Allah menampakkan diri kepada hamba-Nya yang beriman di surga. Sahabat Anas bin Malik dalam mengomentari ayat: “Dan Kami memiliki pertambahannya,” (QS. 50: 35) mengatakan: “Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jumat.”

Baca Juga: Ayat dan Surat dalam Al Quran yang Sering Digunakan sebagai Mahar Pernikahan

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X