Keutamaan Sholawat kepada Nabi SAW, Berikut Hadis-Hadis yang Mendukungnya

- 30 Juli 2020, 09:45 WIB
Ilustrasi Islam.
Ilustrasi Islam. //Unsplash
 
 
PORTAL JEMBER - Sholawat termasuk sunah Nabi Muhammad SAW yang sangat dianjurkan dan mengandung berbagai macam keutamaan jika dilaksanakan.
 
Sebelum memaparkan keutamaan sholawat yang didukung oleh sejumlah hadis, sholawat sendiri merupakan doa dan pujian untuk Nabi SAW.
 
Sholawat terbagi menjadi tiga macam, yaitu sholawat dari Allah SWT, sholawat dari malaikat, dan sholawat dari manusia atau umat Islam.
 
Berikut adalah kumpulan hadis-hadis yang mendukung keutamaan sholawat kepada Nabi SAW.
 
 
1. Menjalankan perintah Allah SWT
 
Dalam Al-Qur'an surat Al-Ahzab ayat 56, Allah SWT berfirman sebagai berikut:
 
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
 
"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."
 
 
2. Dibalas berkali lipat oleh Allah SWT
 
Dalam hadis disebutkan balasan Allah SWT kepada hamba-Nya yang bersholawat kepada Nabi SAW.
 
مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا
 
“Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali” (HR. Muslim).
 
Berdasarkan hadis tersebut, seorang hamba yang berholawat sekali saja akan memperoleh balasan 10 kali lipat dari Allah SWT, Tuhan Semesta Alam.
 
 
3. Dihapus dosanya oleh Allah SWT
 
Sebuah hadis menyebutkan ganjaran seorang hamba yang bersholawat, di antaranya adalah Allah akan menghapus dosa hamba tersebut.
 
مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحَطَّ عَنْهُ عَشْرَ خَطِيئَاتٍ
 
“Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh sholawat dan menghapus darinya sepuluh dosa” (HR. Ahmad).
 
Mirip dengan hadis sebelumnya, cukup satu kali sholawat dan Allah akan menghapus 10 dosa hamba-Nya. Perbanyak sholawat dan akan digandakan 10 kali lipat.
 
 
4. Diangkat derajatnya oleh Allah SWT
 
Derajat seorang hamba yang bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW akan diangkat oleh Allah SWT, sebagaimana sabda beliau sebagai berikut.
 
مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ
 
“Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh sholawat, menghapus darinya sepuluh dosa dan mengangkat derajatnya sepuluh derajat.” (HR. An Nasa’i).
 
 
5. Memperoleh syafaat dari Rasulullah SAW
 
Umat Islam tentu sangat menantikan syafaat dari Rasulullah SAW saat berada di akhirat kelak. 
 
Akan tetapi, ternyata ada yang paling berhak mendapatkan syafaat dari Nabi SAW sebagaimana diterangkan dalam hadis berikut.
 
أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً
 
“Orang yang paling berhak mendapatkan syafa’atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku” (HR. Tirmidzi).
 
Oleh karena itu, sebagai pengikut Al-Qur'an dan sunah Nabi SAW, jangan lupa untuk memperbanyak sholawat kepada Rasulullah SAW agar berhak mendapatkan syafaat dari beliau.
 
 
6. Menjadi orang yang paling dekat dengan Nabi SAW
 
Hadis berikut menjelaskan pentingnya memperbanyak sholawat di hari Jumat agar kedudukannya semakin dekat dengan Rasulullah SAW.
 
أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً
 
“Perbanyaklah bersholawat kepadaku pada hari Jumat, karena sesungguhnya sholawat umatku diperlihatkan kepadaku pada setiap hari Jumat. Siapa saja yang paling banyak sholawatnya, maka ia menjadi orang yang paling dekat kedudukanya dariku” (HR. Baihaqi).
 
 
7. Menjadi sarana mengabulkan doa
 
Berdoa kepada Allah SWT tak bisa dilakukan secara sembarangan. Salah satu adab yang baik dalam berdoa agar dikabulkan oleh Allah SWT adalah dengan membaca sholawat.
 
كل دعاء محجوب حتى يصلي على محمد
 
“Setiap doa akan terhalang hingga diucapkan sholawat kepada Muhammad” (HR. Thabrani)
 
 
8. Diberikan jalan menuju surga
 
Hadis berikut adalah ancaman sekaligus anjuran untuk bersholawat agar diberikan jalan oleh Allah SWT menuju surga-Nya.
 
مَنْ ذُكِرْتُ عِنْدَهُ فَخَطِئَ الصَّلاةَ عَلَيَّ ، خَطِئَ طَرِيقَ الْجَنَّةِ
 
“Barangsiapa yang aku disebutkan di sisinya lalu ia tidak mengucapkan sholawat kepadaku, maka ia akan disimpangkan dari jalan surga” (HR. Thabrani)
 
Sebaliknya, orang yang tidak bersholawat justru akan disimpangkan jalannya sehingga tak bisa memasuki surga. ***

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X