5 Kiat Meredam Amarah untuk Orang Tua agar Tidak ‘Darting’ Saat Dampingi Anak Sekolah Daring

- 28 Juli 2020, 19:35 WIB
Sering marah melupakan hal yang wajar. Namun kita harus memiliki cara agar bisa melepaskan kemarahan kita dengan cara yang sehat.
Sering marah melupakan hal yang wajar. Namun kita harus memiliki cara agar bisa melepaskan kemarahan kita dengan cara yang sehat. /Pixabay

PORTAL JEMBER - Selain soal gadget yang mumpuni dan kuota yang memadai, kesabaran adalah hal lain yang juga sangat perlu distok banyak-banyak oleh para orang tua khususnya ibu.

Banyak meme beredar di media massa terkait sekolah daring yang rentan membuat orang tua darting alias darah tinggi. Bukan sebatas meme, di kehidupan keseharian banyak orang tua yang mengeluhkan soal beratnya mendampingi anak belajar daring.

Agar emosi dan kewarasan tetap terjaga, belajar anak juga berjalan baik, penting bagi orang tua untuk pandai mengelola emosi. Dan sungguh sempurna Islam yang telah memberi tuntunan tentang apa yang harus dilakukan agar tidak mudah terpantik emosi.

Dikutip dari laman Rumaysho, ada lima kiat untuk meredam amarah.

Baca Juga: Curhatan Ibu Dampingi Anak Belajar Online di Tahun Ajaran Baru: Anak Daring, Emak Darting!

1- Membaca ta’awudz, meminta perlindungan pada Allah dari godaan setan

Kenapa sampai meminta tolong pada Allah agar dilindungi dari setan? Karena dalil-dalil berikutnya akan terlihat jelas bahwa marah bisa dari setan. Maka kita mengamalkan firman Allah dari ayat berikut,

وَإِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ ۚإِنَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Dan jika setan datang menggodamu, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar Maha Mengetahui.” (QS. Al-A’raf: 200)

Sulaiman bin Shurod radhiyallahu ‘anhu berkata,

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X