Ini Dia Setan yang Bertugas Menggoda Manusia saat Sholat

- 2 Juli 2020, 12:30 WIB
Ilustrasi setan pengganggu sholat. //Pixabay

PORTAL JEMBER - Pernah mengalami tidak konsentrasi saat sholat? Mendadak memikirkan pintu pagar yang mungkin belum ditutup, kompor yang mungkin belum dimatikan, ingat jemuran, ingat hutang, atau bahkan mendadak ingat mantan yang baru menyapa di medsos, dan sebagainya.

Berbagai lintasan pikiran yang kemudian membuat sholat tidak khusyuk, jadi lupa rakaat dan bacaan sholat, jadi tergesa-gesa atau bawaannya jadi ngantuk. Jika iya, setan Khinzib mungkin sedang menjalankan tugasnya.

Ya, Khinzib adalah nama setan yang jobdesknya adalah mengganggu manusia yang sedang sholat.

Baca Juga: Comeback Zico Berduet dengan Rain dalam 'Summer Hate', Memuncaki Beberapa Tangga Lagu

Setan yang satu ini mestinya masuk dalam list most enemy seorang muslim karena berkualitas tidaknya sholat akan menjadi amalan utama yang akan ditanyai saat yaumul hisab nanti.

Menurut terjemahan dari Syaih Prof.Dr.Sulaiman Ar Ruhaili sebagaimana diposting di akun Twitter pribadinya di @solyman24 pada 13 Juni 2020 lalu, di antara yang menyebabkan sholat tidak khusyu’ adalah ketika seseorang sholat sambil memikirkan urusan dunia yang akan dilakukan setelahnya.

Hatinya sibuk sehingga tidak perhatian dengan sholatnya, tak menjadi lembut dengan bacaan Al Quran dan dzikir. Lalu, hal apa yang bisa membuat kita bisa menjadi lebih khusyu’ saat sholat?

Baca Juga: 5 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan di Era Kenormalan Baru

Masih menurut Syaih Prof.Dr.Sulaiman Ar Ruhaili, memikirkan bahwa sholat yang sedang kita laksanakan adalah sholat terakhir kita, adalah salah satu cara yang bisa membantu kita lebih khusyu’. Bayangkanlah, itu adalah sholat terakhir yang kita kerjakan, dan setelahnya akan datang kematian, niscaya akan lembut dan khusyu’ hati kita. Kita akan konsentrasi dalam sholat dan tidak memikirkan yang lainnya.

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X