Bacaan Doa Sebelum Hubungan Suami Istri dalam Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

- 27 Juni 2020, 13:23 WIB
ILUSTRASI Pernikahan.* //PEXELS

PORTAL JEMBER – Sebagai sebuah agama, Islam memberikan panduan hidup yang sempurna bagi semua umatnya. Mulai dari hal-hal yang terkait ibadah, akhlak, ekonomi, dan sebagainya.

Karena sifatnya yang sempurna itulah, Islam mengatur detail semua urusan hidup manusia, khususnya umat Islam. Bukan untuk mengekang, melainkan agar semua berada dalam koridor ridha Allah SWT dan tidak menimbulkan mudharat bagi siapa pun.

Pernikahan menjadi salah satu syariat yang mendapatkan tuntunan lengkap. Bahkan, Rasulullah Muhammad SAW menyatakan, menikah adalah bagian dari sunahnya. Maka siapa yang tidak mengikut sunah Nabi, ia bukan umatnya.

Baca Juga: Barista Ini Dapat Tip Rp 284 juta dari Warganet Usai Viral Tolak Layani Pelanggan Tak Bermasker

Di dalam ikatan pernikahan sendiri, Islam mengatur dengan rinci semua relasi sosial di ruma tangga. Hubungan suami dengan istri (pasangan), orang tua dengan, dengan kerabat, dan sebagainya.

Tidak terkecuali dalam urusan ranjang. Tidak bisa dipungkiri, salah satu tujuan syariat pernikahan adalah mendapatkan keturunan dengan cara yang dibenarkan Allah SWT.

Saking sucinya ikatan pernikahan, Allah SWT menyebutkan sebagai mitsaaqan ghalidha (ikatan yang kokoh). Mata “mistaaqan ghalidha” hanya disebut 3 kali dalam Al Quran. Salah satunya dalam ayat yang terkait dengan pernikahan ini.

Baca Juga: Bank Sumsel Babel Buka Lowongan Kerja Juni 2020, Simak Persyaratannya

Sehingga, terkait hubungan suami istri dalam rangka mendapatkan keturunan, ada sejumlah etika dan tuntunan yang dicontohkan Rasulullah.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X