Pandemi Covid-19, NU Care-Laziznu Ajak Umat Islam #QurbanDariRumah

- 26 Juni 2020, 19:26 WIB
ILUSTRASI Penyembelihan hewan kurban di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu 11 Agustus 2019.*/DOK. HUMAS PEMPROV JABAR /

PORTAL JEMBER – Saat Idul Adha 1441 Hijriah ada satu ibadah yang sangat dianjurkan dilaksanakan oleh umat Islam. Yaitu, menyembelih hewan kurban.

Dalam penyembelihan hewan kurban, waktunya dimulai pada 10 hingga 13 Dzulhijah atau total empat hari. Satu hari tepat saat Idul Adha dan tiga hari setelahnya atau yang biasa disebut hari tasyrik.

Hewan yang boleh disembelih saat kurban adalah ternak, seperti sapi dan kambing.

Baca Juga: Ibu di Lampung ini Mengaku Mendapat Rezeki Setelah Baca Sholawat Jibril 15 Ribu Kali Sehari

Di tengah pandemi seperti sekarang, daging kurban yang akan didistribusikan akan sangat membantu masyarakat yang kesulitan ekonomi.

Namun, di sisi lain penyembelihan hewan kurban yang biasanya dilakukan oleh panitia di sebuah masjid atau musala harus menerapkan protokol kesehatan.

Karena itu, sejumlah lembaga amil zakat (LAZ) menawarkan berbagai program yang memudahkan orang untuk melaksanakan kurban, namun terminimalkan dari risiko penularan covid-19.

Baca Juga: Desain Masker 'Nyeleneh' Indonesia Gunakan Wajah Pengguna Disorot Media Asing

Sebab, seperti biasanya setiap penyembelihan hewan kurban selalu melibatkan banyak orang. Baik saat penyembelihan, pemotongan daging, hingga distribusi.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X