Protokol Penyembelihan Hewan Kurban dari Muhammadiyah pada Idul Adha 1441 H atau 2020

- 26 Juni 2020, 08:44 WIB
ILUSTRASI Penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha pada Senin, 12 Agustus 2019.* //BNPB

PORTAL JEMBER – Dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi umat Islam akan merayakan Idul Adha 1441 Hijriah atau 2020 Masehi.

Bagi yang tidak berhaji, salah satu ibadah sunah pada Idul Adha adalah menyembelih hewan kurban. Di Indonesia, hewan kurban yang lazim disembelih adalah sapi dan kambing.

Tetapi, di masa pandemi covid-19 ini, ada hal berbeda yang harus diperhatikan umat Islam. Khususnya protokol pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

Baca Juga: Amerika Serikat Bikin Sayembara Rp 142 Miliar untuk yang Bisa Menangkap Pemimpin ISIS

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menerbitkan Surat Edaran No 06/EDR/I.0/E/2020. Salah satu isinya adalah mengatur tentang penyembelihan hewan kurban di masa pandemi covid-19.

Dalam edaran itu, yang terkait dengan penyembelihan hewan kurban ada 5 poin yang harus diperhatikan warga Muhammadiyah khususnya dan umat Islam pada umumnya, seperti dikutip PORTAL JEMBER dari laman resmi Muhammadiyah.

1. Hukum ibadah kurban adalah sunah muakadah bagi muslim yang telah memiliki kemampuan untuk berkurban dengan tata cara sesuai tuntunan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Sepeda untuk Cewek, Ada yang Seharga Rp 1 Jutaan

2. Pandemi covid-19 menimbulkan masalah sosial ekonomi dan meningkatnya jumlah kaum duafa, karena itu sangat disarankan agar umat Islam yang mampu untuk lebih mengutamakan bersedekah berupa uang daripada menyembelih hewan kurban.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X