Hukum Sholat Berjamaah Berjarak 1 Meter saat Pandemi, Begini Kata Ustadz Abdul Somad

- 20 Juni 2020, 10:35 WIB
Ustadz Abdul Somad. //YouTube/Ustadz Abdul Somad Official


PORTAL JEMBER - Ustadz Abdul Somad memberikan penjelasan tentang hukum sholat berjamaah dengan jarak 1 meter saat terjadi wabah dalam kanal YouTube Ustadz Abdul Somad Official.

Di Indonesia, pandemi atau wabah covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan segera usai dengan total kasus yang mencapai lebih dari 43 ribu dan 2 ribu korban jiwa.

Sebagai akibat dari pandemi, masjid-masjid yang buka di tengah pandemi diminta untuk mematuhi panduan protokol kesehatan covid-19 dari Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia.

Baca Juga: Penalti Bruno Fernandes Membuat Manchester United Tahan Imbang Tottenham 1-1

Salah satu panduannya menyatakan bahwa para jamaah diwajibkan untuk menjaga jarak fisik minimal 1 meter antarjamaah, memakai masker dari rumah, dan membawa peralatan sholat sendiri.

Ustadz Abdul Somad memulai penjelasannya dengan menerangkan makna salah satu hadis Nabi Muhammad yang berbunyi, "Luruskanlah barisan kalian, karena pelurusan barisan merupakan bagian dari penegakan iman."

Bagian awal dari hadis tersebut kata Ustadz Abdul Somad bermakna lurus dan rapat. Makna rapat itu sendiri mengharuskan agar para jamaah saling menyentuh bahu dan kaki satu sama lain.

Baca Juga: Info Harga Logam Mulia Emas di Pegadaian Hari Ini, 20 Juni 2020, Antam, UBS, Lotus Ar, dan Galeri 24

Ustadz Abdul Somad kemudian memberikan pengecualian dengan mengutip kata-kata dokter yang bilang bahwa virus corona dapat menempel di kain selama 9 jam.

"Maka sajadah-sajadah di masjid digulung, itulah yang dipakai oleh sebagian ulama, membuat jarak 1 meter," sambungnya.

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X