Surat Al-Ma’idah Ayat 4, Memakan Hewan Hasil Buruan Anjing

- 25 Januari 2022, 09:07 WIB
Ilustrasi Al Quran. Surat Al-Ma'idah ayat 4 menjelaskan tentang boleh tidaknya umat muslim memakan hewan hasil burun anjing.
Ilustrasi Al Quran. Surat Al-Ma'idah ayat 4 menjelaskan tentang boleh tidaknya umat muslim memakan hewan hasil burun anjing. /Pexels / Abdulmeilk Aldawsari.

PortalJember.com - Ayat ini menyampaikan mengenai bolehnya umat muslim memakan binatang hasil tangkapan dari hewan pemburu.

Namun, bagaimana dengan hasil tangkapan anjing yang air liurnya najis?.

Imam Al-Qurthubi berkata bahwa boleh memakan hewan yang telah dilukai dengan gigitan dan cakaran anjing asalkan anjing tersebut dilepas dengan mengucapkan nama Allah.

يَسْـَٔلُوْنَكَ مَاذَآ اُحِلَّ لَهُمْۗ قُلْ اُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبٰتُۙ وَمَا عَلَّمْتُمْ مِّنَ الْجَوَارِحِ مُكَلِّبِيْنَ تُعَلِّمُوْنَهُنَّ مِمَّا عَلَّمَكُمُ اللّٰهُ فَكُلُوْا مِمَّآ اَمْسَكْنَ عَلَيْكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلَيْهِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ سَرِيْعُ الْحِسَابِ

yas`alụnaka māżā uḥilla lahum, qul uḥilla lakumuṭ-ṭayyibātu wa mā 'allamtum minal-jawāriḥi mukallibīna tu'allimụnahunna mimmā 'allamakumullāhu fa kulụ mimmā amsakna 'alaikum ważkurusmallāhi 'alaihi wattaqullāh, innallāha sarī'ul-ḥisāb

Mereka bertanya kepadamu (Muhammad), “Apakah yang dihalalkan bagi mereka?” Katakanlah, ”Yang dihalalkan bagimu (adalah makanan) yang baik-baik dan (buruan yang ditangkap) oleh binatang pemburu yang telah kamu latih untuk berburu, yang kamu latih menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu.

Maka makanlah apa yang ditangkapnya untukmu, dan sebutlah nama Allah (waktu melepasnya). Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya.”(Q.S. Al-Ma’idah : 4).***

 

Editor: Wilda Wijayanti


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x