Bagaimana Hukum Wudhu di Kamar Mandi? Buya Yahya Beri Penjelasan: Haram Jika Melakukan Ini

- 12 Oktober 2021, 07:40 WIB
Buya Yahya beri penjelasan tentang hukum wudhu di kamar tetap sah, namun haram melakukan ini di kamar mandi.
Buya Yahya beri penjelasan tentang hukum wudhu di kamar tetap sah, namun haram melakukan ini di kamar mandi. /Tangkap layar Youtube/Al-Bahjah TV

PortalJember.com – Wudhu wajib dilakukan sebelum umat Islam melakukan ibadah tertentu. Dalam sholat, wudhu adalah syarat sah rukun sholat.

Fungsi wudhu adalah menyucikan diri seseorang dari hadast atau najis kecil yang telah dilakukan. Berwudhu harus dilakukan sesuai dengan ketentuan syariat.

Jika orang kena hadats kecil, wudhunya batal dan harus berwudhu lagi agar suci. Namun jika tak memungkinkan wudhu, seseorang diperbolehkan tayamum.

Baca Juga: Tips Rajin Beribadah ala Buya Yahya, Cukup Kembalikan Rasa Yakin dalam Hati

Umunya wudhu bisa dilakukan di masjid atau mushala. Namun tak sedikit orang yang mengerjakannya di rumah sebelum berangkat menuju masjid.

Ada orang yang berwudhu di tempat khusus yang telah disediakan di rumah. Namun ada juga yang terbiasa menggunakan kran air di kamar mandi atau toilet.

Lantas bagaimana hukum mengerjakan wudhu di kamar mandi atau toilet yang dilengkapi dengan WC? Simak penjelasan Buya Yahya berikut ini.

“Buya yang dihormati, saya mau bertanya. Bagaimana hukum mengambil air wudhu di dalam kamar mandi? Mohon penjelasannya,” tanya seorang penanya.

Baca Juga: Bahaya Minum Air dengan Cara ini, Bisa Menggerus Ginjal dan Memberatkan Perut Kata dr. Zaidul Akbar

Halaman:

Editor: Bagus Satria Perdana P.

Sumber: YouTube Al-Bahjah TV


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X