Niat Zakat Fitrah untuk Sekeluarga, Diri Sendiri dan Diwakilkan dalam Arab, Latin dan Terjemahan

- 4 Mei 2021, 17:50 WIB
Ilustrasi surah pendek memohon doa
Ilustrasi surah pendek memohon doa /Pixabay.com/

PORTAL JEMBER - Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan saat bulan Ramadhan yang diwajibkan atas perempuan dan laki-laki muslim selama satu kali dalam satu tahun.

Zakat fitrah biasanya dibayarkan menjelang Hari Raya Idul Fitri yang bisa berupa beras atau uang dengan standar beras 3 kg atau uang dengan harga beras tersebut sesuai tempat.

Hukum menunaikan atau membayar zakat adalah wajib dan zakat sendiri juga merupakan bagian dari rukun Islam.

Baca Juga: 9 Fakta Istri Baru Ustadz Abdul Somad, Fatimah Az Zahra Ternyata Seorang Hafidzah

Berikut dalil yang mewajibkan seorang muslim untuk menunaikan zakat. Allah berfirman dalam QS At Taubah: 34-35.

وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ يَوْمَ يُحْمَى عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَى بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ هَذَا مَا كَنَزْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ فَذُوقُوا مَا كُنْتُمْ تَكْنِزُونَ

“Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih, pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.” (QS. At Taubah: 34-35).

Baca Juga: Cara Setor Uang Tunai di ATM BRI, BNI, Mandiri, dan BCA dengan atau Tanpa Kartu, Simak Langkah-langkahnya

Dalam menunaikan zakat, salah satu yang perlu diektahui adalah niatnya. Berikut bacaan niat untuk zakat sekeluarga, diri sendiri dan ketika diwakilkan.

Halaman:

Editor: Jansilmi Nur Al-Zia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X