Kesiangan atau Disengaja, Bagaimana Hukum Puasa Tanpa Sahur di bulan Ramadhan 1442 H? Ini Penjelasannya

- 14 April 2021, 06:40 WIB
Ilustrasi sahur
Ilustrasi sahur /Pexels/Gabby K

 

PORTAL JEMBER - Pemerintah sudah menetapkan puasa Ramadhan jatuh pada tanggal 13 April 202. Pada bulan suci Ramadhan, umat muslim di seluruh dunia wajib menjalankan ibadah puasa.

Puasa artinya menahan lapar dan dahaga serta hawa nafsu sejak terbitnya fajar (subuh) hingga terbenamnya matahari (magrib). Rukun puasa harus dijalankan dengan baik agar ibadah puasa kita menjadi sah.

Dikutip PORTAL JEMBER dari berbagai sumber, terdapat syarat wajib dan rukun puasa. Ada juga beberapa amalan yang bersifat sunah selama berpuasa.

Salah satu amalan sunah yang dimaksud adalah sahur. Aktivitas makan yang biasa di lakukan pada dini hari tersebut merupakan amalan sunah yang sebaiknya dijalankan agar puasa terasa lebih lengkap.

Baca Juga: Selalu Ngeles Saat Ditanya Najwa Shihab, Habib Husin: Kak Nana Munarman Itu Bohong!

Baca Juga: Real Madrid Menang dengan Hasil Bagus, Manchester City Meraih Kemenangan di Tengah Kontroversi

Mengenai sahur, banyak sekali yang mempertanyakan apakah puasa akan tetap menjadi sah atau tidak apabila seseorang yang akan melaksanakan puasa tetapi melewatkan sahur karena kesiangan. Tidak hanya itu saja, sebagian orang juga memilih untuk tidak menjalankan sahur karena merasa tidak nyaman makan saat dini hari.

Sahur merupakan salah satu amalan sunah yang dapat dijalankan selama berpuasa. Tidak ada hadis atau dalil yang mewajibkan seseorang untuk melaksanakan sahur. Atas dasar tersebut, maka menjalankan ibadah puasa tanpa sahur akan tetap sah.

Halaman:

Editor: Boy Nugroho


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X