Kisah Sahabat Nabi: Salman al Farisi, si Jenius Tinggi Budi dari Tanah Persia

- 22 Januari 2021, 09:45 WIB
Ilustrasi kisah sahabat Nabi, Salman Al Farisi. /Pixabay.com/jpeter2

PORTAL JEMBER - Di antara banyak sahabat Nabi Muhammad SAW, Salman al Farisi masyhur karena kejeniusannya dalam membantu dakwah Islam.

Dirangkum PORTAL JEMBER dari buku 25 Kisah Kehidupan Sahabat Nabi Yang Paling Heroik & Inspiratif karya Adiba A. Soebachman, terbitan Kauna Pustaka, Yogyakarta, 2016, Salman al-Farisi adalah sahabat Nabi Muhammad yang berasal dari Persia. Di kalangan sahabat lainnya ia dikenal dan dipanggil dengan nama Abu Abdullah.

Ia menjadi pahlawan dengan ide membuat parit dalam upaya melindungi kota Madinah dalam pertempuran Khandaq. Usulan tersebut ternyata belum pernah terjadi di sepanjang sejarah peperangan bangsa Arab di masa itu. Akhirnya, strategi yang diusulkan Salman itu pun berhasil melindungi kota dan mengeceh kaum kafir Quraisy.

Baca Juga: KPK Kembali Ringkus Dua Orang Pejabat Pemerintahan dan Sudah Ditetapkan sebagai Tersangka

Salman dilahirkan dengan nama Persia, Rouzbeh, di kota Kazerun, Fars, Iran. Setelah meninggalnya Nabi Muhammad, ia dikirim untuk menjadi gubernur di daerah kelahirannya hingga wafat. Namun demikian, kedudukannya itu sedikit pun tidak mengubah peribadinya yang sangat penyantun, rendah diri serta zuhud terhadap kemewahan dunia.

Oleh karena keadaan hidupnya yang sangat sederhana itu, sukar sekali orang lain mengenalinya sebagai gubernur.

Diriwayatkan bahwa seorang rakyat awam tanpa mengenali Salman terus menariknya secara kasar lalu menyuruhnya melakukan suatu kerja yang berat untuknya.

Baca Juga: Buah Ini Pemicu Penyakit Batu Ginjal, Salah Satunya Mengandung Potasium Cukup Tinggi

Orang itu menjumpai Salman Al Farisi yang tidak dikenalinya itu di jalanan. Ia mempunyai sebuah karung besar berisi rumput lalu menyuruh Salman Al Farisi memikulnya hingga ke rumahnya. Maka Salman yang berhati mulia itu tanpa banyak soal pun terus memikulnya sambil berjalan.

Halaman:

Editor: Boy Nugroho

Sumber: Buku 25 Kisah Kehidupan Sahabat Nabi Yang Paling Heroik & In


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X