Hasil Audit BPK Atas Keuangan Pemkab Jember di Level Paling Buruk

- 30 Juni 2020, 16:47 WIB
Ketua DPRD Jember M. Itqon Syauqi.* //PORTAL JEMBER/tim 04

PORTAL JEMBER – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan predikat disclaimer atas hasil audit keuangan Pemkab Jember. Disclaimer ini adalah predikat paling buruk dalam grade penilaian BPK atas audit keuangan pemerintah tahun 2019.

Tahun sebelumnya Pemkab Jember memperoleh predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Hal ini dikatakan Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi, Selasa 30 Juni 2020.

Ia mengaku terkejut dengan hasil yang didapatkan oleh Pemkab Jember yang disampaikan BPK melalui video conferance. Sebab, sebelumnya Pemkab Jember mendapatkan hasil WDP pada tahun sebelumnya yang seharusnya segera berbedah dan tahun ini mendapat hasil lebih baik.

Baca Juga: KA Ranggajati Berhenti Sementara Karena Penumpang Selalu Dibawah 10 Persen

"Seharusnya WDP kemarin itu menjadi cambuk semangat bagi Pemkab Jember untuk berbenah, dan bisa merubah pengelolaan keuangan negara lebih baik lagi. Namun, hasilnya semakin buruk," ujarnya.

Predikat tidak menyatakan pendapat atau disclaimer of opinion ini merupakan peringkat terbawah dari empat peringkat yang diberikan oleh BPK.

Dengan seperti itu, Itqon menjelaskan, auditor BPK tidak dapat memberikan penilaian karena tim auditor tidak mendapatkan bukti pemeriksaan yang cukup atau terjadi penyimpangan penyajian laporan keuangan negara.

Baca Juga: Niatnya Ingin Sehat dengan Bersepeda, Malah 4 Meninggal Dunia di Yogyakarta

"Artinya apa yang diminta oleh BPK tidak bisa dibuktikan dan mungkin ada penyimpangan dalam penyajian keuangan negaranya," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X