Imbas Peniadaan Ibadah Haji Tahun Ini, 1814 Jamaah Haji di Jember Gagal Berangkat

- 3 Juni 2020, 14:55 WIB
Ilustrasi Haji /PIKIRAN RAKYAT

PORTAL JEMBER - Kementrian Agama Republik Indonesia telah mengeluarkan kebijakan dengan meniadakan pemberangakatan haji tahun 2020, hal ini dikarenakan demi menekan penyebaran covid-19.

Kebijakan tersebut berimbas pada keberangakatan jamaah haji di Kabupaten Jember, tercatat hingga kini yang bersiap berangkat haji sebanyak 1814 jamaah pada tahun ini.

Kasi Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Jember Ahmad Tholabi mengatakan, kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat tentang meniadakan pemberangkatan jamaah haji tahun ini, berimbas pada jamaah di Jember sebanyak 1814 jamaah yang tidak bisa berangkat.

Baca Juga : Militer China Dikabarkan Masuk ke Indonesia sebagai Pekerja Proyek, Cek Faktanya!

"Sebenarnya sudah ada 1814 jamaah yabg telah melakukan seluruh persiapan, mulai dari persiapan dokumen dan lainnya. Namun, keberangkatannya harus dibatalkan," ujarnya saat dihubungi melalui telepon seluler, Rabu 3 Juni 2020.

Dengan kondisi yang masih pandemi covid-19 ini, Tholabi menjelaskan bahwa jamaah yang tidak bisa berangkat tahun ini akan diprioritaskan berangkat pada tahun depan atau 2021 mendatang.

"Jamaah yang tidak berangkat tahun ini akan diberangkatkan pada tahun 2021 mendatang," imbuhnya.

Baca Juga : Beredar Kabar Sekolah Dibuka Kembali oleh Nadiem Makarim pada Bulan Juli, Cek Faktanya!

Tholabi menyampaikan, dengan tidak adanya pemberangkatan haji tahun 2020 ini, pemerintah telah mengkaji pertimbangannya salah satunya berkaitan dengan aladan kesehatan jamaah dan keselamatan jamaah ditengah pandemi ini.

"Ya regulasi pemerintah itu ada beberapa alasan selain ditutupnya Arab Saudi, terlebih lagi pada kepentingan kesehatan dan keselamatan jamaah," tuturnya.

Halaman:

Editor: Nurul Hidayati


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X