Kementerian BUMN Salurkan Bantuan Alat PCR ke Rumah Sakit di Jember

- 25 Mei 2020, 11:05 WIB
Alat PCR untuk test covid-19

PORTAL JEMBER - Demi mempercepat pemeriksaan covid-19 di Kabupaten Jember, Kementerian BUMN memberikan bantuan Polymerase Chain Reaction (PCR) yakni alat pendeteksi covid-19.

Direktur Jember Klinik dr Burhansyah mengatakan, tren meningkatnya covid-19 di Jember membuat proses deteksinya harus secepat mungkin didapatkan. Hal ini untuk mencegah penyebaran covid-19.

Dengan itu Kementerian BUMN memberikan bantuan PCR dan alat tersebut hanya ada di 6 rumah sakit di Jawa Timur. Alat PCR tersebut ada 2 jenis yakni manual dan otomatis.

Baca Juga: Hindari Pemudik Balik ke Jakarta, Polri Lakukan Penyekatan di Beberapa Wilayah

"Di Jawa Timur hanya ada 6 rumah sakit yabg memiliki alat PCR yang otomatis penggunaannya," ujarnya saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Senin 25 Mei 2020.

PCR otomatis tersebut memiliki kapasitas sekitar 250 sampai 300 sampel per hari. Namun, hal ini masih dirasa kurang sebab perharinya sampel yang diterima mencapai 9 ribu lebih. Sehingga berimplikasi pada lamanya hasil tersebut.

"Kalau otomatis ya sekitar 250-300 sampel per harinya, dan ini beda dengan data yang masuk jadi hasilnya keluar cukup lama," imbuhnya.

Baca Juga: 10 Kecamatan dengan Pasien Positif Covid-19 Tertinggi di Surabaya

Bantuan yang diterima rumah sakit Jember klinik menurutnya, berupa PCR manual dengan kapasitas kapasitas 50 sampai 100 sampel per hari.

Halaman:

Editor: Angga Juli Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X