Judul Game dengan Penjualan Terbanyak Sepanjang Masa, Pernah Main Belum?

- 7 Agustus 2020, 18:20 WIB
Ilustrasi gaming. //Unsplash
 
PORTAL JEMBER - Game telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari seiring dengan semakin terjangkaunya hiburan tersebut di masyarakat.
 
Sejumlah perusahaan game telah meraup keuntungan yang besar dengan merilis judul game yang menarik perhatian komunitas game hingga membuat tren baru.
 
Meski bukan menjadi tolak ukur kualitas sebuah game, tingkat penjualan memberikan informasi terkait game apa saja yang banyak mencuri perhatian masyarakat.
 
 
Berikut adalah judul game dengan penjualan terbanyak sepanjang masa, sebagaimana dilansir PORTAL JEMBER dari laman Digital Trends, 26 Februari 2020.
 
1. Tetris (495 juta)
 
Penjualan Tetris secara fisik sebanyak 70 juta, 35 juta berasal dari penjualan untuk konsol Game Boy. Akan tetapi, mayoritas penjualan game Tetris berasal dari aplikasi HP.
 
Mengutip sebuah wawancara pada 2014 yang diselenggarakan oleh VentureBeat, penjualan Tetris di aplikasi HP telah melebihi 400 juta kopi. Meskipun Tetris termasuk game HP yang gratis, 425 juta unduhan dilakukan secara berbayar.
 
 
2. Minecraft (180 juta)
 
Di bawah Tetris terdapat Minecraft yang cukup populer di seluruh perangkat game. Penjualan Minecraft untuk konsol, HP, dan PC hampir mencapai 200 juta kopi.
 
Jika memasukkan versi gratis Minecraft yang tersedia di HP, maka game tersebut memiliki lebih dari 400 juta pemain.
 
3. Grand Theft Auto V (120 juta)
 
Grand Theft Auto V telah dibanjiri pujian lantaran grafisnya yang memukau dan beragam misi serta jalan cerita yang tidak kalah seru. 
 
Menurut laporan dari Take-Two, GTA V telah menjual lebih dari 120 juta kopi di seluruh dunia dan sebanyak 20 juta kopi di tahun 2019 itu sendiri.
 
 
4. Wii Sports (82,88 juta)
 
Game Wii Sports terjual dalam jumlah yang banyak karena sudah termasuk dalam penjualan konsol Wii, meskipun pemain tidak menginginkan game tersebut.
 
Meski terkesan curang, Wii Sports berhasil terjual lebih dari 80 juta unit bersama konsol Wii.
 
5. PlayerUnknown's Battlegrounds (50 juta)
 
PlayerUnknown's Battlegrounds, atau lebih populer disebut "PUBG" telah terjual lebih dari 50 kopi pada tahun 2018 untuk PC dan Xbox One.
 
Jumlah pemain PUBG yang diumumkan oleh PUBG Corp. menyatakan terdapat lebih dari 400 juta pemain dari seluruh dunia. Sekitar 350 juta pemain memainkannya melalui HP karena tersedia secara gratis di sana.
 
 
6. Super Mario Bros. (48,24 juta)
 
Dunia game pasti mengenal Super Mario Bros. sebagai salah satu game klasik yang mengawali melejitkan Nintendo dengan konsol NES mereka.
 
Penjualan game tersebut telah melebihi 40 juta kopi untuk konsol NES dan hingga sekarang masih dapat dimainkan melalui konsol lain seperti Game Boy Color, Game Boy Advance, dan Wii Virtual Console.
 
7. Pokemon generasi pertama (47,52 juta)
 
Pokemon Red, Blue, Yellow, dan Green merupakan judul game Pokemon generasi pertama yang rilis untuk konsol Game Boy. Sebanyak 20 persen dari total 275 juta penjualan game Pokemon berasal dari kesuksesan empat game tersebut.
 
Penjualan game Pokemon generasi pertama hampir mencapai 50 juta kopi dengan tambahan 1,5 juta yang dijual melalui konsol virtual Nintendo 3DS.
 
 
8. Wii Fit dan Wii Fit Plus (43,8 juta)
 
Mirip dengan Wii Sports, Wii Fit menggabungkan olahraga dengan game agar kebugaran tubuh tetap terjaga meski berada di rumah.
 
Wii Fit dan Wii Fit Plus merupakan game terlaris untuk konsol Wii setelah Wii Sports dengan penjualan mencapai 43,8 juta kopi.
 
9. Mario Kart Wii (37,24 juta)
 
Mario Kart Wii berbagi kasus yang sama dengan Wii Sports, di mana game tersebut sudah termasuk bagian dari konsol Wii saat melakukan pembelian konsol.
 
Konsol Wii dengan game Mario Kart dilengkapi kontroler khusus yang didesain layaknya roda kemudi. Mario Kart Wii berada di bawah Wii Fit dan Wii Fit Plus dengan hampir 40 juta penjualan.
 
 
10. Wii Sports Resort (33,11 juta)
 
Wii Sports Resort merupakan perkembangan dari Wii Sports yang telah rilis sebelumnya. Penjualan Wii Sports Resort yang tinggi disebabkan oleh strategi Nintendo dalam mengemas game mereka bersamaan dengan pembelian konsol atau kontroler. ***

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X