WhatsApp Umumkan 5 Fitur Baru, Apa Saja?

- 2 Juli 2020, 18:25 WIB
ILUSTRASI Aplikasi WhatsApp banyak digunakan di Indonesia. //PEXELS/Anton/*/PEXELS/Anton
 
PORTAL JEMBER - Hampir seluruh pengguna smartphone di Indonesia menggunakan aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi sehari-hari dan bahkan untuk berbisnis.
 
Tampilannya yang sederhana dan pengaturannya yang jelas membuat aplikasi ini wajib ada di setiap smartphone dan mendapatkan popularitas yang tinggi di Play Store.
 
Pada 1 Juli 2020, WhatsApp resmi mengumumkan lima fitur baru yang akan digulirkan di aplikasi mereka beberapa minggu ke depan.
 
 
Berikut adalah lima fitur baru di WhatsApp, sebagaimana dikutip oleh PORTAL JEMBER dari situs resmi anak perusahaan Facebook tersebut:
 
1. Stiker animasi
 
Selain stiker biasa, WhatsApp akan menyediakan stiker animasi guna mendukung komunikasi yang lebih dinamis dan seru melalui medium chat.
 
Stiker WhatsApp sebenarnya sudah cukup lucu dan menghibur, tapi WhatsApp sepertinya tidak ingin kalah dengan aplikasi lain seperti LINE yang sudah menyediakan stiker animasi.
 
Fitur ini digulirkan oleh WhatsApp mengingat stiker biasa yang sudah banyak digunakan.
 
2. Kode QR
 
Tak lama lagi, WhatsApp menyediakan fitur yang memanfaatkan kode QR guna menambahkan kontak baru sesama pengguna WhatsApp.
 
Fitur tersebut memanjakan pengguna karena mereka tak perlu mengetik nomor HP seseorang satu per satu terlebih dahulu. Cukup scan kodenya dan kontak mereka sudah ditambahkan.
 
 
3. Mode gelap untuk WhatsApp web dan desktop
 
Tak hanya di aplikasi HP, WhatsApp versi gelap nantinya juga bisa diterapkan saat menggunakan WhatsApp melalui web di desktop.
 
Meski demikian, WhatsApp web masih harus terhubung dengan WhatsApp di HP agar dapat memanfaatkan fitur-fiturnya.
 
WhatsApp rupanya mengikuti jejak kepopuleran mode gelap seperti yang sudah diterapkan terlebih dahulu oleh YouTube dan Twitter.
 
 
4. Memperbaiki group video call
 
Fitur group video call akan semakin mudah dengan pilihan untuk memfokuskan video pengguna lain hanya dengan menekan video tersebut.
 
Video pengguna yang dipilih akan ditampilkan secara full screen sehingga wajahnya tampak lebih jelas dan tidak terganggu oleh video-video dari anggota grup yang lain.
 
 
Grup WhatsApp yang beranggotakan kurang dari delapan orang akan ditambahkan ikon baru untuk memudahkan penyelenggaraan video call hanya dengan satu sentuhan.
 
5. Fitur status tersedia untuk KaiOS
 
Fitur status yang populer dan mirip dengan fitur story di Instagram akhirnya tersedia untuk pengguna KaiOS.
 
Mereka dapat membagikan update melalui fitur status dan disaksikan oleh pengguna lain hingga status itu menghilang setelah 24 jam.
 
 
Fitur tersebut selain untuk membagikan momen-momen tertentu, juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis seperti mengenalkan produk tertentu ke pengguna lain. ***

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X