Hati-Hati, Kenali Modus Penipuan yang Biasa Dilakukan di Instagram

- 1 Juli 2020, 18:35 WIB
Ilustrasi Instagram. //Pixabay

PORTAL JEMBER - Belanja online kini menjadi trend sekaligus kebutuhan. Tak mengherankan jika nilai transaksi online terus meningkat dari waktu ke waktu.

Selain marketplace, tempat favorit untuk belanja online adalah Instagram. Display produk dan jasa yang langsung terpampang dengan ciamik menjadi salah satu daya tariknya.

Foto yang cantik, harga yang kadang cukup bersaing, membuat belanja di Instagram sering masuk dalam list tempat belanja favorit.

Baca Juga: Pilih Pegadaian atau Toko Emas? Berikut Tips Membeli LM Antam dengan Harga Terbaik

Kian ramainya kunjungan para calon pembeli di Instagram, membuat media sosial yang satu ini juga menjadi ladang subur para penipu online untuk menjerat korbannya.

Tak ingin modusnya terendus, para penipu memoles toko onlinenya sedemikian rupa agar terlihat meyakinkan dan terpercaya. Sehingga, bagi kita yang mungkin awam, sulit untuk membedakan mana penjual yang amanah, mana yang abal-abal.

Nah, dilema kan? Ingin belanja produk dan jasa impian, tapi takut kena tipu. Follower bejibun di masa kini tidak bisa jadi jaminan bahwa akun yang bersangkutan bisa dipercaya.

Baca Juga: Anda Tertipu Online? Lakukan 3 Langkah Berikut dalam 24 Jam Pertama

Foto yang katanya realpict dan testimoni dari banyak pembeli juga tidak bisa jadi patokan. Karena penipu dapat dengan mudah memajang semua itu di akunnya.

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X