Pemandangan 1.000 Meter di Bawah Laut Antartika Ini Bikin Anda Melongo

- 4 Juni 2020, 08:33 WIB
Kendaraan selam Blue Planet II turun 1.000 meter di bawah Laut Antartika pada 2018.* /Youtube @BBC Earth

PORTAL JEMBER – Manusia memiliki peta lebih lengkap tentang kondisi dan kehidupan di planet Mars. Tetapi, manusia memiliki sangat sedikit mengenai misteri kedalaman laut.

Untuk itu, sekelompok peneliti membuat ekspedisi penyelaman 1.000 meter di bawah hamparan es Antartika pada 2018. Sebuah tim bernama Blue Planet II mempersiapkan misi itu selama dua tahun untuk episode The Deep.

Perjalanan ke “dunia lain” yang belum pernah dijelajahi ini memberi kita wawasan mengenai berbagai makhluk yang berkembang dalam kondisi ekstrem, tetapi memberi pemandangan unik nan menakjubkan.

Baca Juga: Militer China Dikabarkan Masuk ke Indonesia sebagai Pekerja Proyek, Cek Faktanya!

Lokasi ekspedisi ini adalah sebuah terusan dalam di ujung utara Semenanjung Antartika (dikenal sebagai 'Iceberg Alley').

Misi ini memiliki tantangan tersendiri: kapal selam harus menghindari es yang bergeser. Sebagian es ini memiliki puncak seukuran mobil. Namun, sebagian lainnya seukuran taman Hyde Park di London. Menantang sekali!

Produser eksekutif The Deep, James Honeyborne, menjelaskan tantangan teknis yang besar dari menghindari gunung es ini.

Baca Juga: 5 Bisnis yang Tumbang dan 5 Bisnis yang Booming di Masa Pandemi

Ibarat permainan penyerbu ruang angkasa versi raksasa dan tidak ada yang tahu bagaimana kapal selam dapat bertahan di bawah tekanan tersebut.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Sumber: BBC Earth


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X