Dua Asteroid Dikabarkan Akan Melintas di Antara Bumi dan Bulan, Satu Berpotensi Bahaya

- 9 April 2021, 07:20 WIB
Ilustrasi asteroid melintasi bumi
Ilustrasi asteroid melintasi bumi /Pixabay/urikyo33

PORTAL JEMBER - Saat penyelidikan OSIRIS-REx NASA mengucapkan selamat tinggal pada asteroid Bennu, badan antariksa telah mengeluarkan peringatan tentang dua batu ruang angkasa lain yang akan mendekati bumi.

Dilansir PORTAL JEMBER dari RT, pada 10 April, asteroid 2021 GT3, berukuran 19 meter (kira-kira seukuran panjang jalur bowling) akan melewati antara Bumi dan bulan pada jarak hanya 255.886 km atau 30 kali panjang Tembok Besar di Tiongkok.

Sebagai referensi, jarak rata-rata antara bumi dan bulan hanya 385.000 km, jadi jarak tempuh asteroid yang akan melintas cukup dekat dengan bumi.

Baca Juga: 15 Perubahan Saat Umur 40 Tahun, Mulai Lebih Sering Mengonsumsi Kopi hingga Metabolisme Akan Mengalami Masalah

Baca Juga: Pemerintah akan Sahkan 8 Provinsi Baru Ini karena telah Penuhi Persyaratan

Namun menurut badan antariksa, asteroid tersebut kemungkinan tidak menimbulkan ancaman langsung bagi Bumi, meskipun berfungsi sebagai pengingat lain betapa rentannya bumi terhadap puing-puing kosmik.

Namun, kurang dari satu bulan kemudian, asteroid yang lebih menakutkan kemungkinan akan melintas.

Asteroid 2021 AF8, yang diperkirakan berukuran 260 hingga 580 meter, diperkirakan akan mengunjungi Bumi dengan kecepatan 9 km per detik.

Baca Juga: Heboh Amanda Manopo Kenakan Pashmina Disamping Arya Saloka, Netizen: Andin Cantik Pakai Hijab

Halaman:

Editor: Boy Nugroho

Sumber: RT


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X