5 Aksi Berbahaya yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Terjadi Gempa

- 24 Januari 2021, 16:20 WIB
Ilustrasi aksi berbahaya yang tidak boleh dilakukan saat gempa. /Pixabay/FreeCreativeStuff

PORTAL JEMBER - Akhir-akhir ini, gempa melanda banyak tempat di planet ini. Tak sedikit jumlah orang yang menjadi korban bencana tersebut, baik yang kehilangan harta, menderita luka, atau meninggal dunia.

Sulit memang menghadapi bencana yang datang tiba-tiba seperti gempa. Tetapi bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan. Selama sudah membekali diri dengan pengetahuan mitigasi bencana gempa dan berusaha untuk tidak panik dan berpikir cepat, risiko buruk bisa ditekan menjadi lebih kecil.

Sayangnya, tidak semua bisa melakukan hal itu. Pada kenyataannya, kepanikan akan lebih dominan dan cenderung mendorong orang melakukan aksi berbahaya yang tidak boleh dilakukan saat gempa.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Popok Terbaik untuk Bayi, Jangan Salah Pilih untuk Kenyamanan si Kecil

Dirangkum PORTAL JEMBER dari berbagai sumber, inilah 5 aksi berbahaya yang tidak boleh dilakukan saat gempa.

1. Menaiki furnitur

Seperti yang diketahui, gempa bisa berakibat pada runtuhnya bangunan, baik sedikit maupun keseluruhan. Reruntuhan dari bangunan itulah yang bisa mengancam keselamatan orang yang ada di dalamnya meskipun itu hanya serpihan.

Oleh sebab itu, menaiki furnitur adalah cara yang salah dan tidak boleh dilakukan saat terjadi gempa. Cara berlindung yang benar justru masuk ke bawah atau ke kolong furnitur.

Baca Juga: BTS, SEVENTEEN dan NCT Tampil di APAN Music Awards 2020 pada 24 Januari 2021, Begini Cara Nontonnya

Halaman:

Editor: Mohammad Syahrial


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X