Selain dengan Amerika, Duel Jepang dan Tiongkok Juga Menjadi-jadi Pamer Militer

- 5 Agustus 2020, 20:45 WIB
Ilustrasi Kapal Militer //Pixabay

PORTAL JEMBER - Konflik dingin yang disebut-sebut bisa sewaktu-waktu pecah antara Tiongkok dan Amerika Serikat terus jadi perbincangan warga Asia khususnya.

Karena bagaimanapun, jika salah satu diantara mereka ada yang memulai menyulut dan membuat gaduh terlebih dahulu, Laut China Selatan serta negara-negara yang  mengelilinginya bakal kena dampaknya.

Salah satunya Indonesia yang dimana posisi geografis wilayahnya berada tepat di selatan perairan Tiongkok ini.

Baca Juga: Widih, Tiara Masuk dalam 10 Besar Chart MTV Asia Bersanding dengan BLACKPINK dan Ariana Grande

Selama ini, Jepang sedikit tertutup soal militer dan angkatan bersenjata yang dimiliki negeri Sakura tersebut, seperti yang dilansir dari Warta Ekonomi mengutip dari Republika.

Meskipun begitu, pada dasarnya Jepang tidak ingin merusak hubungan diplomatik dengan negara manapun terlebih konflik dengan negara-negara terdekatnya.

Akan tetapi, secara diam-diam mereka sebenarnya mengamati ambisi dari Tiongkok yang saat ini sedang gencar-gencarnya menyiapkan segala keperluan militer.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi HP Realme C3, Realme C11, dan Realme C15, Ada RAM 2 hingga RAM 4

Melansir dari pantauan citra satelit, Tiongkok saat ini mengerahkan kapal perang dan pesawat tempurnya ke Laut China Selatan dengan banyak negara di Asia Tenggara.

Selain itu, Tiongkok juga terus mengirimkan angkatan laut dan pesawat ke tempat sengketa dengan Jepang di wilayah Laut China Timur. Maka dari itu, kompetitor terkuat bukanlah Rusia maupun Korea Utara, melainkan tetangga sendiri yaitu Jepang.

Halaman:

Editor: Nurul Hidayati

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X