Banyak Berulah di Laut China Selatan, Tiongkok Bakal Ancam Amerika Serikat dengan Hal Ini

- 3 Agustus 2020, 18:25 WIB
Ilustrasi Kapal Angkatan Laut //Pixabay

PORTAL JEMBER - Konflik dingin dua negara, Tiongkok dan Amerika Serikat yang kini masih berlangsung membuat beberapa negara lain ikut merasakan dampaknya.

Seperti negara-negara di Asia Selatan dan juga Asia Tenggara. Ancaman perang antar keduanya ini tentu akan berpengaruh pada kelangsungan kondisi negara-negara di sekitarnya. 

Jika ada insiden kecil saja yang membuat salah satu negara tersebut geram, tak ayal nantinya bisa timbul perang yang tak mungkin dibentung lagi. Maka dari itu hingga kini keduanya masih meredam dan bisa menahan diri.

Baca Juga: Merek Lain Merugi, Penjualan Mobil Ini Justru Naik lebih dari 100 Persen di Masa Pademi

Namun apabila kemungkinan terburuk perang Amerika Serikat dan Tiongkok benar terjadi, Laut China Selatan yang akan jadi medan pertempuran dahsyat nantinya jika keduanya sama-sama tak bisa menahan.

Melansir dari Warta Ekonomi yang mengutip dari Viva, media Tiongkok kembali mewakili sikap pemerintah yang dimana terkait langkah yang akan diambil di Laut China Selatan.

Sebuah laporan mengatakan Tiongkok akan langsung menyerang dengan serangan balasan jika terjadi insiden dengan tentara militer Amerika Serikat.

Baca Juga: Dunia Takjub: Di Tengah Krisis Global, Orang Indonesia Borong Sepeda Brompton dengan Harga Fantastis

"Jika Washington meluncurkan provokasi militer untuk menantang garis bawah keamanan dan kedaulatan nasional Tiongkok, maka akan segera melakukan pembalasan yang efektif. Bisa jadi akan meningkat jika terjadi bentrokan kecil dan menengah saja yang melibatkan tabrakan kapal dan insiden penembakan," kata Media Global Times itu.

Baik Tiongkok maupun Amerika Serikat masih sama-sama dalam perang urat syaraf politik internasional dan sama-sama pamer kekuatan militer.

Halaman:

Editor: Nurul Hidayati

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X