Curhat ke Indonesia, China Sebut Amerika Serikat Perusak Hubungan Internasional

- 1 Agustus 2020, 11:55 WIB
Menteri Luar Negeri RI, Retno Warsudi (kiri) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Cina, Wang Yi. /dok kemenlu

PORTAL JEMBER - Perseteruan Amerika Serikat dan China yang memanas akhir-akhir ini menjadi salah satu topik yang banyak dibicarakan publik.

Perseteruan kedua menambah kekhawatiran dunia yang sudah tercekam karena pandemi Covid-19.

Terkait dengan hubungan yang kian memanas ini, Menteri Luar Negeri China, Wang Yi curhat kepada Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi soal gerakan Amerika Serikat (AS) ke sejumlah negara terkait Laut China Selatan.

Menurut Wang Yi, negara-negara seharusnya tidak dipaksa untuk memihak persaingan antara Cina dan AS.

Wang Yi menuduh AS sebagai "faktor perusak terbesar dalam hubungan internasional", dan mengatakan kepada Retno Marsudi bahwa kedua negara (China dan Indonesia) harus bekerja sama untuk pulih setelah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Selangkah lagi, Vaksin Corona Asal Rusia Berpeluang Menjadi yang Pertama di Dunia 

Pertemuan video mereka, yang diadakan pada hari Kamis (30/7/2020), terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di Laut Cina Selatan dan mengikuti deklarasi Washington bahwa klaim Beijing atas perairan yang secara strategis penting adalah "melanggar hukum".

Wang menuduh AS menggerakkan oposisi ideologis dan memaksa negara-negara untuk memihak, yang katanya "bukan fenomena normal dalam hubungan internasional atau bagaimana seharusnya dalam interaksi antar negara".

"Sebagai satu-satunya negara adidaya di dunia, AS telah, tidak hanya mengabaikan tanggung jawab dan kewajiban internasional yang harus diambilnya, tetapi juga menjatuhkan sanksi sepihak terhadap negara-negara lain tanpa dasar hukum internasional," kata Wang kepada Marsudi, menurut kementerian luar negeri China seperti dilansir South China Morning Post, Jumat (31/7/2020).

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X