Putin Berpotensi Memimpin Rusia Seumur Hidup

- 3 Juli 2020, 12:10 WIB
Putin bersiap menjadi tsar politik Rusia. (dailymail) /

PORTAL JEMBER - Vladimir Putin berpotensi memimpin Rusia hingga 2036. Kemungkinan ini ia dapatkan lewat pemungutan suara fantastis yang ditujukan untuk mengubah undang-undang dasar yang akan memungkinkannya berkuasa lagi selama dua masa kepresiden.

Komisi Pemilu Pusat mengatakan sebanyak 78 persen suara yang dihitung secara keseluruhan mendukung perubahan konstitusi. Hanya lebih 21 persen suara yang menentang, seperti dikutip dari Laman Antara.

Dengan hasil ini, rakyat Rusia membuka pintu bagi Putin untuk berkuasa lagi selama dua kali masa berkuasa 6 tahun setelah masa berkuasanya saat ini berakhir pada 2024. Jika berjalan mulus, Putin yang saat ini berusia 67 tahun, akan memimpin Rusia hingga ia berusia 83 tahun.

Baca Juga: Rahasia Peci Hitam dan Kemeja Putih Gus Baha yang Tidak Banyak Orang Tahu

Namun para pengritik mengatakan hasil pemungutan suara itu dipalsukan dalam skala besar-besaran. Politisi oposisi Alexei Navalny melalui video yang ditujukan untuk para pendukungnya mengatakan bahwa mereka tidak akan mengakui hasil tersebut.

Menurutnya, pemungutan suara itu merupakan pertunjukan yang tak sah dan liar yang dirancang untuk mengabsahkan kepresiden Putin sepanjang hayat.

Meski demikian, Navalny mengatakan oposisi tak akan memrotes sekarang karena pandemic corona tapi akan melakukannya dalam skala besar-besaran pada musim gugur jika para kandidatnya dihalangi ambil bagian dalam pemilu regional atau hasilnya dipalsukan.

Baca Juga: Terpicu Masalah Ekonomi, Ada Lebih 2.000 Janda Baru di Garut pada 2020

Sementara itu, Ella Pamfilova, kepala Komisi Pemilu Pusat mengatakan pemungutan suara berlangsung transparan dan para petugas pemungutan suara melakukan segalanya untuk menjamin integritasnya.

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X