Penjara Seumur Hidup Bagi 121 Pelaku Penggulingan Presiden Turki Tuai Kritik dari Pegiat HAM

- 1 Juli 2020, 15:20 WIB
PRESIDEN Turki Recep Tayyip Erdogan.* //HURRIYET /null

PORTAL JEMBER - Pemerintah Turki telah resmi menjatuhi hukuman penjara seumur hidup terhadap 121 warga negara Turki karena terbukti pada pertengahan 2016 lalu telah berupaya menggulingkan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Melansir dari Middle East Eye, keputusan hukuman penjara seumur hidup tersebut telah disahkan oleh pengadilan negeri di Ankara, Turki pada Jumat 26 Juni 2020 waktu setempat.

Perlu diketahui bahwa hukuman penjara seumur hidup di Turki telah diperberat lantaran hukuman mati telah dihapuskan sejak 2004 lalu saat ingin menjadi bagian dari Uni Eropa.

Baca Juga: Akhirnya Terjawab! Ini Kata Jimin Alasan V BTS Jadi Jarang Bicara dan Keluar Bertemu Member Lain

Media pemerintahan Turki menilai penjatuhan hukuman penjara seumur hidup itu sebagai hukuman terberat dari pengadilan setempat karena akan membuat tahanan menderita dan jera.

Dalam detailnya, insiden yang terjadi pada 15 Juli 2016 lalu itu telah menewaskan 248 orang dengan lebih dari 2.000 orang alami luka-luka.

Total korban itu, di luar para pelaku kudeta yang berjumlah 24 tersangka.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Cirebon.Pikiran-Rakyat.com dengan judul "121 Warganya Divonis Penjara Seumur Hidup, Pemerintah Turki: Mereka Pantas Menderita dan Harus Jera"

Baca Juga: BREAKING NEWS Gempa Bumi Mengguncang Papua Berpusat di Darat Lebih dari Skala 5 Pagi Ini

Halaman:

Editor: Nila Zulva Rosyida

Sumber: Pikiran Rakyat Cirebon


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X