Hati-Hati! Virus Corona Juga Bisa Menyerang Ginjal, Jantung, Hati, dan Otak

- 27 Juni 2020, 17:07 WIB
Ilustrasi Covid-19: Tercatat pada Sabtu 20 Juni 2020, 4 orang di Pangandaran terkonfirmasi telah sembuh dari virus corona, dan 5 orang dinyatakan positif. /PIXABAY/Fernandozhiminaicela/

PORTAL JEMBER – Virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan covid-19 dikenal sebagai penyakit yang menyerang sistem pernapasan.

Karena itu, di masa pandemi, orang dengan gejala batuk, flu, dan sesak napas akan diwaspadai. Sebab, dikhawatirkan hal itu menjadi gejala awal covid-19.

Tetapi, dalam perkembangannya, covid-19 tidak hanya menyerang organ dalam sistem pernapasan. Sebab, ia juga bisa melumpuhkan organ tubuh penting yang lain.

Baca Juga: Barista Ini Dapat Tip Rp 284 juta dari Warganet Usai Viral Tolak Layani Pelanggan Tak Bermasker

Dalam beberapa kasus, virus corona juga bisa menyebabkan serangan pada organ dalam lain dan menyebabkan kerusakan yang sangat parah.

"Kami pikir ini hanya virus pernapasan. Ternyata juga menyerang ginjal, jantung, hati, otak, dan organ lain. Kami tidak menyadari itu pada awalnya," kata dr. Eric Topol, ahli jantung dan direktur Scripps Research Translational Institute di La Jolla, California, Amerika Serikat seperti dikutip PORTAL JEMBER dari Bekasi.Pikiran-Rakyat.com melansir Reuters.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Drama Korea Cocok Ditonton saat Liburan, Salah Satunya Dr. Romantic

Selain gangguan pernapasan, pasien virus corona dapat mengalami gangguan pembekuan darah yang dapat menyebabkan strok dan peradangan ekstrem berbagai sistem organ.

Artikel ini telah tayang di Bekasi.Pikiran-Rakyat.com dengan judul: Ilmuwan Mulai Paham Covid-19 Juga Serang Ginjal, Jantung, Hati, dan Otak

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X